Riset Terbaru: Ibu Hamil Rajinlah Makan Buah

ibu-hamil-dan-buahRiset terbaru terkait ibu hamil oleh University of Alberta di Edmonton, Kanada dan dipublikasi di Jurnal EBioMedicine pada April 2016, memperlihatkan keuntungan bila ibu hamil rajin mengonsumsi buah selama kehamilan. Apa pengaruhnya?

Penelitian itu menguak fakta bahwa balita yang lahir dari ibu yang rajin menyantap aneka buah mempunyai tingkat kecerdasan lebih baik. Pun kondisi tubuh lebih sehat. Hal tersebut ditunjukkan oleh aspek kognitif saat bayi berumur 1 tahun.

Aspek kognitif memang terkait kemampuan intelegensia seperti berpikir, menjelaskan, membayangkan, mempelajari kata, serta pemakaian bahasa. Pada dasarnya, perkembangan kognitif tersebut dipengaruhi oleh kematangan fisiologis, terutama pada masa balita. Balita dengan aspek kognitif yang baik mampu melakukan koordinasi gerakan tangan, kaki dan kepala sebagai wujud perkembangan saraf dan otot yang baik.

Periset dari University of Alberta juga yang mencari pembanding kondisi tersebut memakai hewan percobaan lalat buah. Hasilnya? Tidak jauh berbeda. Lalat buah pada skala laboratorium memang dipakai sebagai model untuk mempelajari kemampuan memori alias daya ingat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 20 = 28