Salah Pakan, Bulu Golden Retriever Rontok

golden_retrieverBimo masih mengingat kejadian 3 tahun lalu. Ketika itu 10 golden retriever milik pehobi di Jakarta Selatan itu nyaris mengalami hal sama: rontok bulu hingga nyaris gundul. “Kulit anjing juga penuh luka cakaran karena anjing-anjing itu sulit menahan gatal,” kata Bimo.

Sudah begitu nafsu makan golden retriever itu menurun drastis sehingga kondisi tubuhnya drop. Saking lemahnya anjing-anjing itu kesulitan untuk berjalan. Betina dewasa golden retriever juga mundur masa lup atau menstruasinya.

Setelah menelisik, Bimo menduga peristiwa pahit itu terjadi lantaran ia mengganti pakan para golden retriever itu 8 bulan sebelumnya. “Sepertinya saya salah memberi pakan,” kata pengusaha elektronik itu. Harap mafhum setelah mengganti pakan lama, setelah 1,5 bulan, nafsu makan anjing pulih dan bulu-bulu tumbuh kembali. Stamina golden retriever mulai pulih seperti semula.

Sejatinya salah pakan dapat dideteksi sepekan pascakonsumsi. Selama 6-7 hari anjing akan mengalami diare atau kotorannya lembek. Maklum bakteri di pencernaan anjing perlu beradaptasi dengan pakan baru. Setelah sepekan tanpa gejala diare, pemberian pakan baru boleh dibilang cocok, sehingga dapat dilanjutkan.

pakan-anjingNamun sebaliknya, pemberian pakan harus dihentikan atau diganti jika anjing terus-menerus diare. Deteksi seperti itu lebih cepat terlihat pada anjing umur 1,5 bulan. Saat salah pakan, bulu anjing dalam beberapa hari langsung rontok. Berbeda dengan anjing dewasa yang efeknya lama dan terlihat setelah 6-12 bulan konsumsi.

Kecocokan pakan juga dapat dilihat dari kotoran. Semakin sedikit kotoran, artinya pakan efektif diserap tubuh. Biasanya tekstur kotoran padat dan berbentuk lonjong. Sebaliknya, pakan banyak terbuang bila anjing sering buang air besar dengan tekstur kotoran lembek dan cair dan menimbulkan bau tidak sedap.

Cocok tidaknya pakan memamg terkait erat dengan kandungan nutrisi. Salah nutrisi langsung berakibat pada kondisi fisiologis, terutama bulu seperti yang di alami Bimo. Nah golden memiliki 2 jenis bulu: luar (outer coat) dan tubuh (inner coat). Meski memiliki 2 bulu penutup itu, tetap saja kulit golden sensitif dan cenderung kering. Kulit akan kering saat tubuhnya kekurangan 3 asam lemak pelumas: linoleat, linolat, dan oleat. Efek dari minusnya lemak, bulu mudah rontok.

Pada saat bersamaan kulit rentan iritasi sehingga muncul gejala gatal yang memperparah kerontokan bulu. Bulu yang rontok itu normalnya butuh waktu 2 bulan untuk kembali lebat. Kulit kering dapat dihindari dengan memberi vitamin C dan teh hijau ke dalam pakan, sambil menghindari pakan yang mengandung garam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5