Sambung Sisip Kaki Ganda

teknik-sambung-kaki-gandaTabulampot durian monthong berumur 2 tahun di drum itu terlihat: batang bawahnya mirip kaki tripod kamera, berkaki 3. Itulah penerapan kaki ganda. Kaki tersebut memakai batang durian asal biji yang disisipkan alias disusukan pada batang utama. Si empunya berharap dengan jumlah kaki lebih dari satu, membuat penyerapan unsur hara ke batang utama lebih optimal.

Aplikasi kaki ganda pertamakali dilakukan oleh pekebun durian di Thailand yang masygul lantaran kesulitan mengatasi serangan penyakit kanker batang akibat cendawan Phytophthora palmivora. Cendawan tersebut menyerang jaringan kulit hingga jaringan xylem pada pangkal batang.

Upaya penyelamatan agar anggota famili Bombacaceae tidak mati dilakukan memakai kaki ganda, menyambungkan batang tambahan pada batang utama sebelum tanaman tersebut terserang kanker batang. Bila batang utama mati, batang lain yang disisipkan akan menjadi “nyawa lain” sehingga tanaman tetap hidup.

Cara membuat kaki ganda tidak sulit. Mula-mula lekatkan batang tambahan pada batang utama dengan cara sambung sisip. Sambung sisip merupakan cara menyambung dengan menempelkan jaringan kambium batang tambahan ke jaringan kambium batang utama. Setelah tersambung, ikat erat memakai plastik.

Hal yang perlu diperhatikan saat penyambungan adalah kompatibilitas atau kesesuaian antara batang yang disisipkan dengan batang utama. Harap mafhum, itu mempengaruhi laju pertumbuhan. Bila kompatibilitas rendah, pertumbuhan tanaman terhambat. Ini dapat terlihat dari pembengkakan jaringan di titik penyambungan. Pembengkakantersebut dapat berakibat pertumbuhan batang tambahan lebih kecil dan cenderung stagnan atau pun sebaliknya, batang tambahan tumbuh cepat dan membesar, sementara batang utama lambat.

Aplikasi kaki ganda kini juga dipakai pada tanaman mangga, srikaya, serta sawo, bahkan tanaman perkebunan seperti karet. “Saya sudah melakukan pada tanaman karet sejak 5 tahun lalu dengan kaki ganda 5,” ujar Sritani di Jambi. Hasilnya? Dari pengalaman Sritani, selain cepat tumbuh, produksi sadapan karet meningkat 2-3 kali lipat. Idealnya penambahan batang tambahan dilakukan sesudah bibit dipindah ke lahan dan minimal berumur 1 tahun sehingga laju pertumbuhan dan vigor tanaman akan meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

74 − = 70