Sambung Susu Black Sapote

Ada pemandangan istimewa saat menjumpai sesosok pohon induk black sapote Diospyros nigra di kebun Eddy Soesanto di Pabuaran, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Belasan polibag tampak bergelantungan di sebatang bambu dengan pengikat tali rafia pada salah satu cabang pohon tersebut. Saat diamati lebih cermat, batang-batang tanaman pada polibag itu menempel di cabang induk.

Itulah cara sambung susu untuk memperbanyak bibit. Dengan cara itu tingkat keberhasilan mencapai 100%. Eddy memakai batang bawah black sapote berumur 1,5 tahun dan berdiameter cabang 1-2 cm. Eddy lantas memotong miring batang bawah dari pangkal batang sepanjang 4 cm.

Cabang dari pohon induk pun diperlakukan serupa setelah sebelumnya sudah dipilih calon entres yang berdiameter sama besar dengan batang bawah bibit. Kedua batang itu lantas disatukan lalu ikat dengan plastik es hingga menutupi seluruh sambungan. Pascasambung batang bawah pada polibag disiram setiap 2 hari. Dalam satu cabang bisa 4-5 sambung susu. Setelah 2,5 bulan biasanya sambungan merekat sempurna dan ia siap dipotong dari induknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

62 − = 56