Sayangilah Bambu!

Jangan pernah memanen seluruh batang bambu dalam sebuah rumpun. Selain rumpun bisa mati, umur produktivitas rumpun bambu tak pernah bisa mencapai 50 tahun. Sebab itu tebang pilih menjadi syarat mutlak agar kesinambungan bambu terjamin.

Untuk konstruksi dan mebel dapat dipilih batang bambu dewasa yang telah mencapai umur 5-6 tahun. Bila bambu muda dipakai, selain belum terlalu kuat, serangan hama bubuk lebih sering terjadi. Harap mafhum, batang bambu muda masih kaya pati, makanan bagi hama bubuk.

Waktu memanen bambu tidak boleh sembarangan. Paling baik pemanenan dilakukan pada akhit musim hujan atau musim kemarau karena bambu lebih baik kondisinya alias “bugar”.

Lalu bagaimana agar bambu yang sejak lama dipakai masyarakat Sunda untuk membuat alat kesenian angklung itu tahan lama. Beragam cara bisa dilakukan mulai dari merendamnya memakai solar dan bensin seperti dilakukan oleh pengrajin bambu di Tasikmalaya, Jawa Barat. Bisa juga dengan memakai bahan kimia CCA (Copper-Chrome-Arsenic) yang di India bisa membuat rumah bambu tegak berdiri hingga berumur lebih dari 40 tahun.

Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>