Secangkir Kopi Dan Kanker Usus Besar

kopiSebuah studi baru yang dipaparkan dalam pertemuan American Association for Cancer Research pada 2014 memperlihatkan konsumsi 1-2 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kanker kolon alias kanker usus besar.

Studi yang dilakukan pada 5.000 orang penderita kanker kolorektal dan 3.500 yang tidak memiliki kanker, memperlihatkan secara umum orang yang rajin meminum kopi setiap hari memiliki persentase lebih rendah 30% terpapar kanker kolon dibandingkan yang tidak meminum.

Lantas seberapa besar dosis konsumsi itu. Riset itu memperlihatkan orang yang meminum secangkir kopi setiap hari memiliki persentase 22% lebih rendah terkena kanker kolon dibandingkan yang tidak meminum. Persentase penurunan itu menjadi lebih besar bila konsumsi kopi meningkat  menjadi 2 cangkir sehari (30%), 3 cangkir (44%), dan di atas 4 cangkir (59%).

Bagaimana duduk perkara secangkir kopi mampu mengurangi persentase risiko terkena kanker kanker usus besar? Dalam pertemuan American Association for Cancer Research itu terungkap hipotesis bahwa kopi dapat mempercepat pengeluaran zat berbahaya di usus besar sehingga jaringan usus besar hanya sedikit waktu terpapar zat berbahaya pemicu kanker.

Hipotesis lain yang diajukan adalah meminum kopi dapat mempengaruhi komposisi mikroba dalam usus besar yang berujung menekan jumlah senyawa karsinogen alias penyebab kanker di usus besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =