Sedapnya Anggur Merah

“Anggur merah yang selalu memabukkan diriku, ku anggap belum seberapa…dahsyatnya…”. Lirik tembang “Senyum Membawa Luka” yang dipopulerkan oleh penyanyi Meggi Z itu menunjukkan betapa anggur merah bisa memabukkan. Benarkah?

Riset di mancanegara justru mengungkapkan khasiat luarbiasa anggur merah untuk kesehatan. Anggur merah dapat menjaga vitalitas dan membuat panjang umur.

Sejumlah peneliti menjumpai fakta bila anggur merah berlimpah senyawa flavonoid. Senyawa tersebut merupakan sumber antioksidan. Kehadiran antioksidan di tubuh penting untuk membantu tubuh melawan aneka penyakit.

Khasiat anggur merah sudah lama diteliti. Paracelcus, dokter di Swiss pada abad ke-16 menyebutkan manfaat anggur merah, mulai dari makanan, obat, hingga racun. Perbedaan manfaat itu tergantung dari dosis konsumsi. Bagi pria yang ingin tetap bergairah, misalnya konsumsilah 1-2 gelas kecil anggur merah. Namun, konsumsi berlebihan dilarang sebab dapat memabukkan.

Roger Corder, ahli jantung sekaligus penulis buku The Wine Diet yang bertahun-tahun meriset khasiat anggur merah menyimpulkan: mengonsumsi anggur merah perlu menjadi bagian gaya hidup. Corder menjumpai hal menarik yang disebut French Paradox. Itu mengacu pada risetnya yang menguak penyebab warga di bagian barat daya Perancis berisiko  rendah terserang penyakit jantung, padahal konsumsi makanannya berlemak tinggi.

Kuncinya ternyata konsumsi rutin anggur merah. Corder juga mengungkapkan, anggur merah di Perancis tersebut mengandung senyawa procyanidin, sumber antioksidan paling tinggi dibandingkan jenis anggur lain. Itu pula yang menyebabkan umur rata-rata warga di bagian barat daya Perancis tersebut lebih tinggi dibandingkan daerah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

83 − 75 =