Sedapnya Susu Jagung

susu-jagungSaban akhir pekan sejak medio 2015 Ade Sulis di Rawamangun, Jakarta Timur rutin membuat susu jagung. Ia akan membeli 8 tongkol jagung manis di pasar swalayan lantas memisahkan pipilan jagung memakai pisau dari tongkol jagung.

Selanjutnya pipilan itu diblender dengan 2 gelas air, lantas dituang ke wadah. “Gumpalan jagung halus dari blender itu kemudian direbus dalam 1,5 liter air selama 10 menit,” ujarnya. Berikutnya disaring memakai kain kassa sebelum siap dikonsumsi sebagai susu jagung.

Untuk memberi rasa pada susu jagung, Ade akan menambahkan 3-4 sendok makan gula dan setengah sendok garam. “Gulanya dapat diganti memakai sirup. Tanpa garam pun tidak apa-apa bila tidak mau,” kata perempuan 27 tahun itu. Ade tidak menyimpan lama susu jagung itu. “Sekali buat biasanya langsung habis untuk hari itu juga,” tuturnya. Bila terpaksa menyimpan, ia menaruh maksimal selama 2 hari di kulkas.

Susu jagung memang berlimpah gizi. Riset memperlihatkan dalam 100 ml susu jagung mengandung 72,20% air, 1,92 gram protein, 22,80 gram karbohidrat, 1 gram lemak, 3 mg kalsium, 0,70 mg besi, Vitamin A, B, dan C serta beberapa unsur penting riboflavin dan thiamin. “Setiap kali meminum susu jagung, tubuh akan terasa segar,” kata Ade.

Sebab kaya manfaat itu di Thailand, misalnya, susu jagung menjadi minuman favorit. Ia diyakini membantu mencegah wasir, kanker usus besar, dan mengurangi sembelit yang terkait metabolisme pencernaan. Kandungan seratnya pun terbukti ampuh mencegah gangguan kardiovaskuler hingga mengontrol kolesterol.

Itu sebabnya salah satu produsen susu jagung di negeri Gajah Putih, Suwan Farm Sweet Corn mengembangkan secara luas penanaman jagung manis sebagai bahan baku susu jagung untuk memenuhi kebutuhan pasar. Istimewanya semua produksi susu jagung itu bebas bahan pengawet demi menjaga mutu dan kualitas. Supaya dapat disimpan selama 3-4 hari, produksi susu jagung di kemasan botol itu disimpan dalam es atau ruang pendingin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

52 − = 50