Sejuta Manfaat Sirsak

Manfaat sirsak sudah lama dikenal di dunia. Buah sirsak sangat khas dengan aroma dan rasa yang eksotis. Daging buahnya berwarna putih susu, rasanya manis-asam dan berbiji kecil.

Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah sirsak juga bisa diolah menjadi berbagai macam sajian, seperti selai, sirup, dan dodol. Bahkan, masyarakat di Filipina memanfaatkan buah sirsak muda beserta biji lunaknya sebagai sayuran.

Selain buahnya, bagian-bagian tanaman sirsak juga banyak mengandung mineral dan zat fitokimia yang berkhasiat kesehatan. Suku Indian di Amerika Selatan selama berabad-abad telah menggunakan bagian tanaman sirsak seperti daun, kulit akar, buah, dan bijinya sebagai obat penyakit jantung, asma, gangguan hati, dan arthritis.

Baru pada 1976, The National Cancer Institute membuktikan bahkwa sirsak memiliki peran penting sebagai antitumor dan antikanker. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa daun dan batang sirsak mampu menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker.

Manfaat sirsak lainnya dibuktikan dari hasil Penelitian yang menunjukkan bila buah sirsak mengandung sedikit lemak (0,3 g/100 g) sehingga sangat baik untuk kesehatan. Buah sirsak juga sangat kaya dengan serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g/100 g daging buah. Kandungan serat ini berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk mengobati sembelit alias susah buang air besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 18 = 23