Selamat Datang Shiro Utsuri

Kohaku, showa, sanke sudah kondang sebagai langganan grand champion kontes koi. Namun, di luar ketiga ikan asal negeri Samurai itu masih ada shiro utsuri yang mempunyai peluang menerobos dominasi para langganan kampiun tersebut.

Koi hasil silangan Kazuo Minemura dengan dominasi corak putih dan bercak hitam tersebut itu sejatinya hasil samping dari perkawinan sesama sanke atau showa.

Shiro utsuri terbaik memiliki ciri khusus. Pola hitam di tubuh dengan pola seperti petir atau inasuma dari kepala menuju ekor paling bagus.

Pola bercak hitam juga mesti ada pada kedua sirip dayung di dekat insang. Yang lain adalah corak putih. Corak putih harus seputih salju. Warna lain seperti kuning atau kemerahan yang membayang menandakan induk shiro utsuri bukan dari sesama shiro utsuri, melainkan ada sanke atau showa.

Di Jepang, peternak yang khusus membiakkan shiro utsuri tidak banyak lantaran koi yang bisa mencapai panjang tubuh di atas 80 cm saat dewasa tersebut perlu penanganan khusus.

Pakan, misalnya, tidak boleh mengandung spirulina yang justru membuat warna putih bisa kekuningan. Suhu air juga harus dingin lantaran warna putih menonjol pada suhu di bawah 18 derajat Celcius. Sebab banyak penanganan khusus tersebut bila memperoleh shiro utsuri sempurna, koi-koi para pelanggan juara perlu bersiap menghadapi rival berat di babak grand champion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 65 = 74