Selamatkan Mentok Rimba

Populasi mentok rimba Cairina scutulata di Indonesia tak lebih dari 200 ekor hingga medio 1990-an. Populasi terbesar berada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung yang mencapai separuh populasi yang tersebar di Pulau Sumatera itu.

Sayang saat ini populasinya terus menurun seiring gangguan habitat seperti kebakaran hutan dan aktivitas perburuan. Data terakhir pada 2001 menyebutkan populasi mentok rimba di TNWK terpantau sekitar 75 ekor.

Penelitian tim ekspedisi (ECS-4) Himpunan Mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran, Bandung, pada 1991 mengenai perilaku mentok rimba, memperlihatkan anak mentok rimba yang terlihat selalu disertai oleh satu individu dewasa yang diperkirakan betina. Mereka biasanya mencari pakan di pinggir sungai dangkal dan ditumbuhi rerumputan di tengah rawa dan kolam.

Pohon seperti rengas Gluta renghas dan rebahan kayu di tengah kolam atau sungai digunakan sebagai tempat istirahat dan tidak ditemukan bukti pohon rengas untuk bersarang. Mereka aktif mencari makan pada malam hari hanya pada saat bulan purnama. Diperkirakan faktor cahaya berperan penting dalam aktivitas mencari pakan mentok rimba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

54 − = 48