Manfaat Dan Khasiat Seledri

Seledri alias celery sejak lama sohor sebagai tanaman yang menyehatkan. Manusia sudah mengenalnya sejak zaman Mesir purba. Budidaya seledri untuk kepentingan pengobatan bahkan sudah berlangsung sejak tahun 850 Sebelum Masehi di Yunani.

Sedikitnya terdapat 15 penyakit bisa disembuhkan oleh seledri seperti hipertensi, prostat, tipus, batuk, asma, sampai kepala berminyak, encok, rematik, dan kaki terkilir. Manfaat dan khasiat seledri tetap sama meski ia dimakan mentah serta matang sebagai bumbu masak.

Seledri merupakan tanaman asli Eropa yang menyebar ke berbagai wilayah. Tanaman ini memiliki nilai ekonomis tinggi di beberapa negara. Contoh Amerika Serikat. Negara Paman Sam itu merupakan eksportir terbesar tanaman seledri yang diproduksi di negara bagian seperti Kalifornia dan Florida. Nilai ekspornya? Luarbiasa mencapai Rp3-triliun/tahun.

Kepopuleran seledri tersebut tak lepas dari kerja California Celery Research Advisory Board (CCRAB) atau Badan Penelitian dan Pengembangan Seledri Kalifornia selama lebih dari 30 tahun. Badan yang berdiri sejak 1976 itu mengembangkan 3 jenis seledri yang disukai pasar, yakni Apium graveolens, A.g. scalinum (biasanya dipakai untuk bumbu masakan bersama bawang goreng, dan bawang daun, red), dan A.g. rapaceum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 4