Seledri: Manfaat Dan Khasiat

seledri atau celery adalah makanan sehat, klasik dan multi guna. Manusia sudah mengenalnya sejak zaman Mesir purba. Budidaya seledri untuk kepentingan farmasi sudah dimulai tahun 850 sebelum Masehi di Yunani.

Sedikitnya terdapat 15 penyakit bisa disembuhkannya. Mulai dari hipertensi, prostat, tipus, batuk, asma, sampai kepala berminyak, encok, rematik dan kaki terkilir. Seledri bisa dimakan mentah, maupun matang sebagai bumbu masak.

Seledri adalah tanaman asli Eropa. Tetapi sekarang dikenal dan dikonsumsi di seluruh dunia. Eksportir terbesar seledri adalah Amerika Serikat, khususnya dari negara bagian California di Barat, dan Florida di Tenggara. Nilai panen seledri di California, misalnya, mencapai lebih dari Rp3-triliun setahun.

Kepopuleran seledri itu tak lepas dari kinerja California Celery Research Advisory Board (CCRAB) atau Badan Penelitian dan Pengembangan Seledri California selama lebih dari 30 tahun yang berdiri sejak 1976. Terdapat tiga jenis seledri yang dikembangkan, yakni Apium graveolens, A.g. scalinum (biasanya dipakai untuk bumbu masakan bersama bawang goreng dan bawang daun), dan A.g. rapaceum. Ketiganya sama-sama mujarab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 57 = 62