Semarak Festival Durian Banten 2016

festival-durian-banten5Tiga durian unggul, yakni Si Hejo, Si Balimbing, dan Si Kapal menjadi terbaik pada kontes durian Festival Durian Banten 2016 yang digelar di kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten pada 30 Maret 2016.

Ketiga durian itu memenuhi syarat ideal durian kampiun dari citarasa: manis, legit, kering, dengan sedikit pahit di ujungnya. Si Balimbing dan Si Kapal merupakan milik Durian Jatohan A Dja yang ikut meramaikan Pesta Durian 2016 di Mal Artha Gading pada 2-10 April 2016.

festival-durian-banten4Festival kedua setelah perdana pada 2015 itu menurut Muhammad Iwan Subekti dari LPM Greentool, pendukung utama pameran, merupakan wadah untuk memperkenalkan durian-durian unggulan Banten, sekaligus melindungi durian-durian itu sebagai sumber plasma nutfah. “Tidak saja melestarikan, tetapi juga ke depan berupaya untuk mengembangkan durian unggulan ini,” ujar Iwan, sapaan akrab.

Tidak hanya kontes, penyelenggara juga menggelar aneka kegiatan seperti bincang tentang durian dengan menghadirkan Gubernur Banten, Rano Karno serta praktisi durian nasional Dr Luthfi Bansir. Yang lain adalah bazar bibit, aneka olahan durian, hingga makan durian gratis. Kontributor bebeja.com, Rizky Fadhilah menyaksikan acara yang dimulai sejak pukul 09.00 itu semarak, terlihat dari padatnya pengunjung yang hadir.

festival-durian-banten1 festival-durian-banten2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 − = 69