Simbikiya, Toko Buah Termahal Di Dunia

sebikiya3Sekotak stroberi berisi 15-20 buah yang dijual di lokasi-lokasi wisata petik stroberi di Bandung, Jawa Barat paling pol harganya Rp50.000. Namun di toko buah Simbikiya di jantung Kota Tokyo, Jepang, sekotak stroberi berisi 12 buah–diberi nama Simbikiya Queen Strawberry–mencapai harga 6.825 yen atau setara Rp750.000! Luarbiasa. Produk itu salah satu item paling laris dengan volume penjualan mencapai 50 kotak per hari.

Toko buah Simbikiya mengkhususkan diri menjual buah-buah kualitas terbaik sebagai hadiah. Harap mafhum memberikan buah sebagai hadiah atau ucapan terimakasih di negeri Sakura merupakan sesuatu yang lazim. Di Jepang terdapat 2 waktu pemberian hadiah yakni satu di musim panas dan satu di musim dingin. Di saat itu biasanya para anggota keluarga saling bertukar hadiah. Namun hadiah juga diberikan kepada pihak lain seperti bos, pelanggan, dan kolega bisnis sebagai ucapan terimakasih.

senbikiya2Toko buah Simbikiya memang sangat terkenal di Jepang. Dialah satu-satunya toko buah termahal di dunia. Begitu kita memasuki toko buah itu alunan musik klasik menyambut kedatangan pembeli yang akan disambut staf toko yang ramah. Toko Simbikiya saat ini dikelola oleh Ushio Oshima yang merupakan anggota generasi keenam dari keluarga pendiri toko itu yang mulai berjualan sejak 1834. Semula buah-buah yang dijual hanya ditumpuk ala kadarnya di pelataran toko.

Nah seorang istri dari anggota generasi kedua yang merubah semua cara penjualan hingga menjadi terkenal seperti saat ini. “Kami adalah spesialis dalam pemberian hadiah, buah-buahan sebagai hadiah. Jadi benar-benar perlu terlihat baik. Penampilan adalah bagian yang sangat penting dari bisnis ini,” ujar Oshima seperti dikutip dari BBC News 14/9/14.

sinbikiyaToko buah Simbikiya hanya menerima buah terbaik dari pekebun. Melon misalnya didatangkan dari pekebun di Shizuoka yang membudidayakannya sesempurna mungkin di dalam rumahkaca. Di sana setiap satu tanaman hanya “diizinkan” memproduksi satu melon agar buah prima, manis, dan juicy.

“Melon kami yang terbaik di dunia. Kami beri nama Fuji. Produksinya hanya 3% dari seluruh panen,” kata Masaomi Suzuki, salah satu pekebun pemasok yang sudah 50 tahun menjadi berkebun melon itu. Pantas dengan kualitas terbaik itu harga melon di toko buah Simbikiya mencapai 23.100 yen atau Rp2,5-juta per 2 buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =