Sisik Ikan Jadi Bros

sisik-ikanSisik ikan yang selama ini terbuang sia-sia seperti sisik ikan mas dapat dimanfaatkan menjadi asesori wanita yang memiliki nilai ekonomi. Itulah ide kreatif dari ibu-ibu Dharma Wanita BBPBAT Sukabumi, Jawa Barat. Sisik itu diolah sedemikian rupa menjadi bros aneka warna seperti biru, kuning, dan kehitaman dengan harga jual Rp15.000 per bros.

Cara membuat bros dari sisik ikan tersebut sangat mudah. Bahan yang dipakai adalah sisik ikan, sabun cuci, pewarna wantek, lem, peniti, greeter, kutek bening, dan cat pilok bening. Pembuatan dilakukan dengan merendam sisik ikan selama 2 malam dalam larutan sabun. Sesudahnya cuci bersih dan dijemur.

Langkah berikutnya adalah merendam sisik dalam pewarna wantek, lantas dikeringanginkan. Susun sisik ikan yang telah memiliki warna itu membentuk bros. Sebagai pengikat antarsisik gunakan lem. Agar bros nantinya dapat menempel, pasang peniti di belakang bros. Selanjutnya oleskan bros dengan kutek bening dan taburi dengan greeter. Supaya warna lebih mengkilap semprot bros dengan cat pilok bening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 3 =