Studi Terbaru Rokok Dan Kanker

riset-terbaru-rokok“Peringatan: Rokok Membunuhmu”. Slogan antirokok itu benar apa adanya. Riset terbaru yang melibatkan peneliti dari 4 negara seperti Amerika Serikat dan Jepang (National Cancer Center Research Institute di Tokyo) mengungkapkan fakta: perokok yang menghisap sebungkus rokok saban hari selama setahun, sudah cukup mendorong mutasi DNA di tubuhnya.

Seberapa banyak jumlah mutasi itu? Tidak tanggung-tanggung, peneliti mencatat sekitar 150 mutasi DNA dan seluruhnya bermuara pada kanker. Efek lain dari pertumbuhan sel-sel kanker yang tidak terkendali sehingga mendesak sel normal tersebut juga “menghancurkan” organ-organ utama yang berfungsi benar seperti hati dan ginjal.

Sejatinya DNA merupakan substansi yang mengandung informasi untuk mengontrol setiap sel di tubuh. Begitu ia bermutasi, sulit bagi DNA menjalankan perannya. Periset pun menjelaskan bila mutasi DNA yang terjadi akan cenderung berkembang menjadi kanker dan cukup sulit dipulihkan.

Riset yang dipublikasi di jurnal Science pada November 2016 itu juga membeberkan analisis 5.243 urutan genom kanker pada 17 jenis kanker yang terpicu oleh kebiasaan merokok. Dari 150 mutasi DNA itu, sekitar 37 mutasi DNA memicu kemunculan kanker laring serta kanker paru-paru, dan 23 mutasi DNA lain memicu kanker mulut. Jadi mulai sekarang upayakan berhenti merokok bagi perokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 5