Suara Merdu Ayam Bekisar

ayam-bekisarKualitas induk yang bagus sangat menentukan suara merdu ayam bekisar. Induk betinanya harus steril, tidak pernah dikawinkan dengan induk jantan lain.  Nah suara induk betina harus berbunyi kukuruyuk yang bersih, panjang, dan lurus. Hal sama berlaku untuk induk jantan yang mengeluarkan suara cekrikek. Biasanya potensi suara ayam bekisar mulai terlihat pada umur 5–6 bulan, sedangkan pada umur minimal 8 bulan, ayam yang menjadi maskot Pekan Olahraga Nasional 2000 itu dapat dilombakan asalkan mental bertandingnya kuat. Suara ayam bekisar biasanya mulai matang saat menginjak umur 3 tahun.

Secara alami suara asli bekisar alami tidak dapat dilatih. Namun perawatan yang baik dapat memegaruhi perkembangan ayam yang turut berimbas kepada suara. Berilah ayam bekisar minum secukupnya kira-kira 2–3 sendok makan. Harap mafhum air minum terlalu banyak bisa berdampak suara yang tidak jernih. Suara tidak jernih itu ditandai dengan munculnya suara “r” yang akan mengurangi nilai di saat penjurian.

Pakan ayam bekisar tidak ribet. Pakan utamanya adalah jagung pipilan. Namun, setiap pehobi dapat memberikan ramuan pakan lain sebagai tambahan seperti sayuran untuk campuran jagung. Nah agar suara bekisar bagus, berilah madu dalam air minumnya. Kadang-kadang bekisar perlu diberi minuman ramuan kencur dan gula jawa supaya suaranya tidak serak akibat lendir yang menyumbat.

Beruntung bila Anda memiliki bekisar berkualitas, apalagi langganan juara kontes. Bekisar pemenang lomba langsung meroket harganya, bisa mencapai Rp 30-juta. Oleh sebab itu pehobis biasanya bersaing mendapat bekisar unggul untuk dilombakan. Bagi orang awam sulit membedakan suara bekisar yang bersahut-sahutan dalam lomba. Suara bekisar enak didengar bila nada depannya rendah, panjang, dan bersih. Suara depan itu ditutup dengan nada akhir yang tinggi, panjang, dan bersih.  Selain itu, irama lagu tidak sumbang. Suara depan yang baik harus mengandung huruf  ‘o’ sedang suara belakang huruf  ‘i’.

Yang unik dalam kontes ayam bekisar adalah ayam bekisar yang diunggulkan menjadi jawara belum tentu bisa menang. Hal itu disebabkan ayam bekisar bersuara bagus tidak mau berbunyi karena stres. Maka dari itu menjaga ayam bekisar untuk kontes sangat penting supaya ia mau menyanyikan suara merdu yang memikat.

Segera Like Official Fanpage Kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar peternakan, perikanan, pets, dan hobi serta peluang usaha agribisnis lainnya.

Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 1 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>