Sulap Wortel Jadi Daun

fruit-carving1Menyulap wortel menjadi sehelai daun cukup mudah bagi Wanwisa Noosigha. Pakar seni ukir buah dan sayuran dari Thailand itu hanya butuh waktu kurang dari 30 detik.

Wanwisa yang berkecimpung lebih dari 10 tahun mendalami Kae Sa Lak atau seni mengukir buah dan sayuran di Thailand itu kerap menghadirkan kreasi-kreasi ukiran buah yang membuat tamu-tamu Hotel Four Season, Bangkok, Thailand, yang sering memajang karya-karyanya terpukau.

“Itu adalah salah satu bentuk penghormatan kami kepada tamu dengan mengenalkan seni ukir buah dan sayuran yang mewakili keindahan Thailand,” katanya seperti dikutip dari Four Season Magazine.

Sejatinya seni mengukir buah dan sayuran sudah ada di Negeri Gajah Putih itu sejak abad ke-14. Keindahan ukiran buah dan sayuran itu menjadi bagian dari persembahan kepada raja. Berikutnya seni itu menjadi tradisi nasional, bahkan menjadi bagian “wajib” pada Festival Loi Krathong setiap November. Pada festival yang berlangsung di atas perahu itu aneka buah berwujud replika bunga nan menawan dalam beragam dekorasi mewarnai kemeriahan festival itu.

fruit-carving3Wanwisa menuturkan, buah dan sayuran yang dipakai mesti memenuhi beberapa kriteria, tapi yang umum adalah belum terlalu matang. “Wortel harus lurus dengan bagian tengah besar. Demikian pula mentimun, lurus dan besar. Untuk lobak bentuknya harus bulat,” ujar Wanwisa.

Untuk buah, semangka dan labu menjadi jenis favorit lantaran di balik sosok yang besar sehingga mudah mengukirnya, warna buah-buah itu tegas sehingga dapat menghasilkan kombinasi warna menarik.

Tidak sulit mempraktekkan seni mengukir buah dan sayuran itu. Wanwisa menyebutkan senjata perangnya adalah beberapa pisau kecil tajam. Modal lainnya adalah kecermatan mendesain, serta kelihaian memotong bahan-bahan itu sesuai rancangan.

“Sebelum diukir bahan perlu direndam dalam air es selama 1-2 menit supaya padat sehingga mudah dipotong,” katanya. Nah mencegah bahan menjadi layu dan browning (kecokelatan, red), rendam bahan tersebut selama 2-3 menit dalam air yang dicampur perasan jeruk nipis. Hal itu juga dapat menjaga kesegaran hasil ukiran buah dan sayuran selama 48 jam.

fruit-carving2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

40 − 32 =