Surga Apel Di Hirosaki Apple Park

hirosaki-(en-aomori.com)2Bila berkunjung ke Jepang, cobalah menyambangi kebun agrowisata Hirosaki Apple Park di Kota Hirosaki, Prefektur Aomori, Jepang. Sesuai nama yang melekat, Apple Park, Anda dapat melihat tanaman-tanaman apel di kebun seluas 5 hektar. Setidaknya terdapat 60 varietas apel dengan total populasi mencapai 1.000 pohon.

Kebun seluas 5 hektar yang berdiri sejak 1965 itu menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan lokal, dan pengunjung mancanegara, terutama pada saat Malus sylverstris itu memasuki masa panen puncak pada September. Wisatawan dapat memetik apel dari pohonnya dan menikmati citarasa segar dari setiap butiran apel itu.

hirosaki-(en-aomori.com)Hirosaki memang dikenal sebagai sentra apel terbaik di Jepang. Siklus panen berlangsung pada Agustus-November. Pada September, mayoritas apel yang dipanen adalah varietas tsugaru. Varietas mutsu, jonagold, dan sekaiichi yang seluruhnya berkulit kemerahan berlangsung Oktober. Pada November, varietas fuji, orin, dan kinsei. Varietas orin dan kinsei berkulit buah kuning kehijauan dan sepenuhnya hijau.

Budidaya apel di Hirosaki sudah berlangsung sejak 1857 hingga saat ini. Produksi apel dari wilayah itu memasok sekitar 25% dari total kebutuhan apel di Negeri Sakura. Hirosaki memiliki agroklimat pas untuk penanaman apel lantaran mempunyai pergantian iklim yang jelas. Pada saat suhu udara menghangat mencapai 18-19 derajat Celcius pada Mei, bunga-bunga apel itu bermekaran. Memasuki Juli, buah-buah ranum itu mulai matang dan siap dipetik perdana saat Agustus. (Foto-en-aomori)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 1 =