Surga Menu Vegetarian Di Batam

vegetarian3Nasi plus lauk gulai ikan tenggiri dan kikil sapi selama ini menjadi favorit Ikhsan di Jakarta Barat. Namun saat ia mengunjungi Batam, Provinsi Kepulauan Riau pada awal Maret 2016, lauk favorit itu tersedia justru di rumahmakan vegetarian Nasi Padang di Kawasan Niaga Nagoya, Batam. “Terkejut juga, tapi enak rasanya saat mencobanya,” ujar pria 46 tahun itu.

Bahan ikan tenggiri dan kikil sapi itu adalah kedelai yang diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai sosok aslinya. Tak hanya itu saja daging, bahkan satai ayam pun tersedia memakai bahan serupa. Suwarno, pemilik Tani Unggul Makmur, penangkar bibit di Depok Jawa Barat pun kesengsem dengan citarasa menu vegetarian. Ia memborong 5 tusuk satai ayam plus ubi. Seluruhnya tak sampai Rp30.000.

Dari pengamatan bebeja.com, di sepanjang Jalan Komplek Bumi Indah, Nagoya, Batam terdapat 3 rumahmakan vegetarian yang berdekatan, tak sampai 100 m. Salah satu rumahmakan itu adalah Cai Hong yang menyediakan lauk pauk vegetarian seperti satai dan semur daging. “Rumahmakan ini sudah ada sejak 12 tahun lalu,” ujar Linda. Berbeda dengan Moon vegetarian yang memiliki menu unggul, laksa.

Rumahmakan-rumahmakan vegetarian itu mulai buka pukul 09.00-20.00. Harga menu pun relatif terjangkau kantong. Laksa, misalnya, tak sampai Rp25.000 per porsi. Masakan sayuran lain seperti kangkung, bayam, paria, tauge, tempe, aneka mi, dan bihun, sekitar Rp5.000-Rp7.000.

vegetarian5 vegetarian2 vegetarian4

vegetarian1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =