Talkshow Bisnis Ikan Hias JOFF 2016

moderatorTalkshow Bincang Bisnis Ikan Hias (Maskoki) pada 2nd Jakarta Ornamental Fish Festival (JOFF) 2016 berlangsung pada 27 Februari 2016 di Food Centrum, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara dengan moderator Dian Adijaya S, pemimpin redaksi bebeja.com (baju batik cokelat, red) tersebut menghadirkan 3 narasumber, yakni Iskandar Ismanadji, mantan Direktur Produksi pada Direktorat Jenderal Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Gatot dari Indomoer Yogyakarta serta Ir Achmad Raharjo, sekretaris Jenderal Perhimpunan Ikan Hias Indonesia (PIHI).

Dalam paparannya, Iskandar Ismanadji menjelaskan pentingnya sertifikasi pada ikan hias memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN. “Sertifikasi penting untung melindungi industri ikan hias nasional,” ujarnya. Gatot, peternak maskoki asal Kota Gudeg menyambut positif hal itu. “Kita dapat memulai dari maskoki, mungkin juga koi,” ujarnya. Kedua komoditas ikan itu tercatat cukup banyak diusahakan oleh peternak di tanahair.

Dalam diskusi yang menghadirkan beberapa peternak maskoki dari Jakarta itu, Ir Achmad Raharjo menekankan pentingnya pengetahuan terkait akses pasar hingga budidaya. Hal itu semata-mata untuk menjamin pendapatan peternak. “Pengetahuan terutama pemetaan pasar menjadi salah satu bagian krusial dari sebuah bisnis,” ujarnya. Saat ini maskoki termasuk komoditas ikan hias air tawar yang memiliki pangsa pasar besar. “Persaingan jelas terjadi, tinggal bagaimana cara peternak menyiasatinya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

28 + = 29