Tanam Bonsai Apel

bonsai-apelMenanam bonsai apel? Mengapa tidak. Bahkan bila Anda mampu membuatnya hingga berbuah tentu sangat luarbiasa dan menyenangkan. Tidak sulit membuat bonsai apel. Pertama siapkan wadah keramik sebagai tempat menanam. Ukuran wadah dapat disesuaikan dengan keinginan, tetapi pastikan ukurannya cukup lebar supaya tanaman tumbuh nyaman.

Kedua mengisi wadah dengan media tanam bonsai. media tanam umum yang dipakai adalah kombinasi tanah cokelat kemerahan atau tanah gunung yang kehitaman sebanyak 50%. Tanah dicampur dengan 20% pasir, 20% kompos, dan 20% pupuk kandang matang.

Langkah berikutnya adalah menyiapkan benih apel. Pilih benih asal biji. Biji apel tidak bisa ditanam langsung ke dalam media, tetapi harus dipecah masa dormansi alias tidurnya supaya berkecambah. Cara memecah dormansi yang efektif dengan merendam biji di dalam air selama 2 pekan. Berikutnya, tanam biji di dalam media cocopeat hingga berkecambah. Nah, setelah daun berjumlah minimal 3-4 daun, bibit apel dapat dipindahkan ke wadah supaya tumbuh besar.

Bonsai apel menuntut kelembapan di atas 75%, sehingga pastikan media selalu lembap dengan cara menyiram tipis-tipis, tidak sampai media tergenang. Tanaman apel juga memerlukan sinar matahari, sehingga pastikan posisi wadah masih dapat menerima sinar matahari pagi. Perawatan lain yang dilakukan adalah memangkas secara berkala sehingga diperoleh sosok tanaman yang berimbang.

4 Responses to Tanam Bonsai Apel

  1. Ingin mengetahui lebih detail. Bagaimana caranya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

61 − = 60