Tanaman Memupuk Sendiri

peneliti bakteri

Tanaman bisa memupuk sendiri? Gagasan itu bukan sesuatu mustahil. Peneliti dari Washington University di Amerika Serikat tengah mendalami hal tersebut. Pemakaian pupuk kimia berbasis nitrogen sudah berdampak besar terhadap lingkungan.

Dengan tanaman bisa memupuk sendiri, nitrogen dari udara bisa ditangkap lantas diolah dalam tubuh tanaman menjadi pupuk bagi dirinya sendiri. Yang terpenting lagi bahaya pencemaran lingkungan karena budidaya tanaman bisa ditekan saat populasi penduduk dunia sudah mencapai 7-miliar orang saat ini.

Para peneliti-Tae Seok Moon PhD dan Fuzhong Zhang PhD dari jurusan Teknik & Sains Terapan di Washington University bekerjasama bersama Costas D. Maranas serta Prof Donald B. Broughton dari jurusan Teknik Kimia Pennsylvania State University-itu memanfaatkan cyanobakteria, sejenis bakteri hijau yang dahulu dianggap sebagai ganggang.

Cyanobakteria tersebut mampu berfotosintesis dan menyimpan energi sinar matahari serta menangkap nitrogen. Sejarah memperlihatkan nenek moyang cyanobacteria mempunyai kemampuan menangkap nitrogen dan mengolah dalam mekanisme fiksasi nitrogen. Para peneliti tersebut berharap dapat menginjeksi cyanobakteria sehingga dapat tinggal selamanya dalam tubuh tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + = 7