Tebar Ikan Di Sungai Ciliwung

ciliwung3Ingatan Idang, warga Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, melayang 40 tahun silam ketika ayah 2 anak itu duduk di bangku sekolah dasar. “Setiap hari pulang sekolah pasti mancing dan pulang membawa banyak ikan,” ujarnya menunjuk aliran Sungai Ciliwung kepada Bebeja.com. Favorit Idang adalah ikan benteur dan jeler.

Seiring waktu dan perubahan kondisi lingkungan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung itu, terutama mulai┬áCibogo, Cisarua hingga Bendung Katulampa di Kabupaten Bogor Jawa Barat, tidak mudah lagi mendapatkan ikan-ikan itu. Idang menuturkan sejak 6-7 tahun lalu ia mulai kesulitan memperoleh ikan-ikan yang disukainya. “Bisa seharian mancing, itu pun yang diperoleh sedikit,” ujarnya.

Berdasarkan data tangkapan para pemancing sungai saat lomba mancing pada 2013, dijumpai 14 jenis ikan di Sungai Ciliwung. Jenis-jenis itu antara lain Berod Macrognathus maculatus, benteur Puntius binotatus, paray Rasbora aprotaenia, hampal Hampala macrolepidota, soro Tor soro, kehkel Glyptothorax platypogon, jeler Nemacheilus chrysolaimos, senggal Hemibagrus nemurus, mas Cyprinus carpio, nila Oreochromis niloticus, mujair Oreochromis mossambicus, golsom Aequidens rivulatus, lele Clarias sp, dan gurami Osphronemus goramy.

ikan-benteurNah jeler yang disukai Idang ternyata cukup sulit diperoleh. Dari tabulasi data hasil lomba pada 2013, kecepatan mendapatkan jeler setiap jam hanya 0,3 individu. Artinya untuk mendapatkan seekor utuh jeler dapat memakan waktu 3 jam. Berbeda dengan benteur yang mencapai 5,4 individu per jam. Yang terbanyak adalah berod dengan 18,3 individu per jam.

Riset Dr Ir Daisy Wowor MSc dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2010 memperlihatkan Daerah Aliran Sungai Ciliwung, mengalami kehilangan jenis ikan serta krustacea alias udang-udangan cukup besar. Laju kehilangan ikan dan krustacea masing-masing sebesar 84,5% dan 60%

Menurut Maruli Alfian dari Ciliwung River Fishing Community (CRFC) saat ini mutlak perlu menjaga kelestarian aliran Sungai Ciliwung agar populasi ikannya terus bertambah. “Dengan begitu keseimbangan eksosistem bisa ikut terjaga,” ujarnya.

Terkait hal itu pada Ahad 26/10/14, Ciliwung River Fishing Community bersama Ciliwung Institut menggelar acara menebar ikan di Sungai Ciliwung di Desa Gadog. Secara simbolis 450 ikan nilam dan tawes yang disumbangkan oleh komunitas mancing Fishyforum ditebar.

ciliwung1 ciliwung2 ciliwung4 ciliwung5 ciliwung6 ciliwung7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

43 + = 50