Teknik Stres Bungakan Anggrek Cattleya

cattleya-almakeeRaisa Putri Fadhilah, pehobi anggrek di Bandung, Jawa Barat, tengah bersukacita lantaran masing-masing sepot anggrek cattleya blc Alma Kee dan blc Meditation miliknya mulai memamerkan bunga.

“Ini penantian selama 2 tahun sejak membeli dari ukuran kecil,” katanya. Resepnya? Raisa melakukan teknik stres suhu dengan sesekali menaruh pot anggrek itu dalam kulkas hingga bersuhu 15 derajat Celcius selama 3 jam pada malam hari.

Raisa paham memang tidak mudah membuat anggrek-anggrek cattleya itu berbunga. Harap mafhum sebelumnya Raisa memiliki pengalaman memelihara anggrek cattleya blc Donna Kimura yang hingga 3,5 tahun tidak sekalipun memunculkan bunga. “Padahal tanaman sehat dan subur, tapi memang tidak ada perlakuan khusus yang diberikan” ujar perempuan 34 tahun itu.

Wiryo, pehobi anggrek cattleya di Magelang, Jawa Tengah, menuturkan sebenarnya anggrek cattleya dewasa dan sehat pasti akan berbunga secara alami. “Namun sangat lambat bisa 4-5 tahun kalau dari kompot sehingga memang perlu perlakuan tertentu supaya lekas berbunga,” katanya.

kompotSecara alami anggrek berbatang simpodial itu berbunga bila terjadi fluktuasi atau perbedaan suhu antara siang dan malam berkisar 5-8 derajat Celcius. “Perubahan itu secara alami merupakan stres suhu,” ujar Wiryo.

Demikian pula dengan peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Pada kondisi itu anggrek cattleya biasanya tidak pelit untuk memunculkan bunga. Di luar cara alami tersebut, teknik stres meliputi stres air, cahaya, dan suhu dapat menjadi pilihan pehobi untuk memacu anggrek cattleya berbunga.

1. Perlakuan stres air pada anggrek cattleya diterapkan pada tanaman dewasa yang seludang tempat tangkai bunganya telah keluar. Teknik ini dilakukan dengan menyiram anggrek hanya sepekan sekali selama 2 pekan berurutan. Pekan ketiga, perawatan anggrek dilakukan seperti biasa. Ulangi setiap 2 bulan.

2. Perlakuan stres suhu dilakukan dengan meletakkan anggrek cattleya di ruangan berpendingin atau dalam kulkas pada suhu minimal 18 derajat Celcius pada malam hari selama 2-3 jam. Sebaiknya bungkus tanaman memakai kantong plastik untuk menjaga kelembapan. Keesokan harinya, taruh anggrek di tempat biasanya. Dengan perlakuan itu, sepekan berikutnya calon bunga akan muncul.

3. Perlakuan stres cahaya idealnya dilakukan sejak tanaman dari kompot. Perlakuan itu memanfaatkan lampu bohlam TL 40-60 watt yang ditaruh berjarak 50-60 cm dari pot anggrek. Lampu dinyalakan pada malam hari mulai pukul 18.00-21.00. Keesokan hari, dikeluarkan anggrek agar mendapat sinar matahari penuh selama 6-7 jam. Cara ini manjur membuat tanaman cepat dewasa serta berbunga setelah 2 tahun perawatan. Tanpa perlakuan tersebut, anggrek cattleya memerlukan waktu 3-4 tahun untuk berbunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

37 − = 32