Teko Unik Minum Teh

Kebiasaan meminum teh di berbagai belahan dunia telah menjadi tradisi, bahkan kini gaya hidup. Meminum teh tidak lagi sekadar menuangkan seduhan air teh lantas menyesapnya dengan penuh kenikmatan semata, tapi melekat pula seni kehidupan untuk melatih kesabaran dan ketelatenan agar muncul ketenangan diri seperti dilakukan di Jepang.

Tradisi meminum seduhan daun Camellia sinensis di Jepang dan Tiongkok bahkan telah menjadi sebuah kehormatan dan penghargaan, selain manfaatnya untuk kesehatan. Yang disebut terakhir lantaran daun anggota famili Theaceae tersebut mempunyai senyawa aktif katekin yang berkhasiat sebagai antioksidan. Antioksidan berperan membangun sistem pertahanan di tubuh untuk menangkal kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.

Tradisi meminum teh juga tak lepas dari perlengkapan meminum teh yang terdiri teko, wadah, hingga cangkir. Banyak seniman berkreasi menciptakan motif dan bentuk perlengkapan meminum teh yang unik nan menawan, tanpa melepas fungsi utamanya. Itulah menjadi bukti bahwa tradisi meminum teh sudah menjadi budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 − = 32