Teratai Bukan Lotus

Pernahkah adik-adik main ke danau atau rawa dan melihat serumpun tumbuhan cantik dengan warna bunga jingga kemerahan di berada di pinggir atau di tengah danau?

Sebagian besar pasti langsung menjawab, itu teratai! Benarkah? atau jangan-jangan yang dimaksud oleh adik-adik itu sesungguhnya tumbuhan air lain, yakni lotus.

Sebagian besar orang masih sering kecele mengenali teratai dan lotus. Harap mafhum keduanya tumbuh di air dengan bunga elok menyerupai mahkota yang muncul di permukaan air.

Padahal keduanya dari jenis berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri. Lotus Nelumbo nucifera memiliki daun bulat melebar dan daunnya tidak menempel di air. Begitu pula dengan bunganya. Tangkai bunga tanaman lotus selalu menyembul 10-20 cm dari permukaan air. Karena itu biji yang berada di tangkai bunga berada di bagian atas tanaman.

Teratai yang masuk genus Nymphaea memiliki daun menempel dengan permukaan air. Kelopak bunga tumbuhan yang di dunia terdapat sekitar 50 spesies itu cenderung lancip dengan tangkai bunga pendek. Adik-adik sudah bisa membedakan sekarang? Dari jauh begitu adik-adik melihat daunnya menempel di permukaan air, dia adalah teratai dan begitupula sebaliknya. Mudah bukan?

Adik-adik dalam bahasa Inggris teratai sering dipanggil sebagai water lily atau pond lily, sedangkan lotus tetap lotus. Penyebutan keduanya juga berbeda sebetulnya di beberapa tempat di tanahair. Di Bali, misalnya, teratai sering dipanggil sebagai bunga tunjung, sedangkan lotus sebagai padma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

55 + = 58