Terpikat Maskoki Jumbo

maskoki5Seekor oranda jumbo berukuran di atas 24 cm sejak November 2015 menjadi klangenan Sucipto di Surabaya, Jawa Timur. Oranda hasil biakkan lokal itu dibeli seharga Rp9-juta dari teman di Jakarta. “Sulit menjumpai tangkaran lokal sampai ukuran jumbo dan prima,” ujarnya.

Maskoki jumbo memang terlihat gagah dan perkasa. Itu yang mendorong pehobi lain, Wahyu Tanu di Bandung, Jawa Barat mengoleksinya. Ia membeli ryukin jumbo sepanjang 23,5 cm di pascakontes maskoki pada 2014. “Senang melihatnya terlihat macho,” kata pria 29 tahun itu.

Sejatinya sebutan jumbo di tanahair berlaku untuk maskoki minimal sepanjang 23 cm. Bandingkan dengan ukuran rata-rata nonjumbo sekitar 16-19 cm. Berbeda di Thailand atau China, sebutan jumbo tersemat pada maskoki di atas panjang 30 cm. Di kontes internasional seperti Aquarama di Singapura, rata-rata maskoki jumbo yang saling beradu cantik memiliki ukuran panjang 25-30 cm.

Mudahkah memperoleh maskoki jumbo? Menurut Indro M, penangkar dari Ndoro Mas Farm di Yogyakarta, persentase untuk menghasilkan jumbo tidak besar. “Dari sekitar┬áseratus ekor terpilih, paling sekitar 20-30% yang dapat mencapai jumbo,” ujarnya.

maskoki6China sampai saat kini tetap merupakan kiblat perkembangan maskoki jumbo. Salah satu farm terbesar yang rajin menelurkan maskoki jumbo berkualitas adalah Tung Hoi Aquarium di Guangzhou, China selatan. Redaksi bebeja.com yang mengunjungi salah satu farmnya di Guanzhoi pada 2005, menyaksikan produksi maskoki jumbo berukuran minimal 23 cm.

Tung Hoi amat selektif menangkarkan kerabat ikan mas itu agar memiliki fisik prima seperti sirip tidak mudah jatuh dan selalu aktif berenang. Maskoki jumbo seperti itu rupanya mampu memikat hati para pehobi, selain ketersediaan varian maskoki jumbo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

99 − 93 =