Titonia Pupuk Ajaib Alami

Titonia Tithonia diversifolia mudah dijumpai di pinggir jalan dan sampai saat ini dianggap sebagai tanaman gulma alias penganggu. Padahal perakaran tanaman titonia tersebut adalah rumah bagi jutaan cendawan dan bakteri pelarut kalium dan fospat yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Contoh bakteri yang hidup di perakaran titonia berasal dari kelompok Azotobacter sp. dan Azospirillum sp. yang keduanya dapat mengambil nitrogen bebas dari udara.

Titonia yang termasuk keluarga Asteraceae itu merupakan pupuk ajaib alami karena mampu menolong pekebun yang kesulitan membeli pupuk buatan pabrik yang harganya terus membubung. Titonia hadir sebagai subsitusi pupuk tanpa mengurangi produktivitas. Hebatnya lagi bakteri di perakaran titonia juga menghasilkan fitohormon seperti auksin, giberelin, dan sitokinin. Akar tithonia juga terinfeksi cendawan mikoriza yang mampu memperluas zona perakaran. Mikoriza ibarat penambang hara sehingga tanaman efektif menyerap hara.

Bila Anda menanam titoTithonia-diversifoliania seluas 2.000 meter persegi, pekebun bisa memanen 30–35 ton tithonia segar dalam setahun atau setara 6–7 ton bahan kering. Karena pertumbuhan tunas cepat, ia dapat dipanen bertahap setiap 2 bulan untuk dibuat kompos. Bahan organik itu setara 185 kg nitrogen, 20 kg posfat, dan 186 kg kalium. Jumlah nitrogen itu lebih tinggi daripada dosis rekomendasi pupuk urea pada tanaman jagung, misalnya, sebesar 300 kg urea/ha atau setara 138 kg nitrogen.

Segera Like Official Fanpage Kami untuk mendapatkan informasi terbaru dan inovatif seputar teknologi serta peluang usaha agribisnis lainnya.

Share and Enjoy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 31 = 39

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>