Training Wirausaha Agribisnis

Bagi karyawan, persiapan masa pensiun atau purnatugas adalah tahapan besar di akhir kekaryaannya sebagai karyawan. Tak mudah melaluinya karena dibutuhkan pemikiran dan pertimbangan dalam aspek fisik, mental, psikis lainnya, dan finansial. Persiapan yang matang sebelum menghadapi masa pensiun berpengaruh besar dalam keberhasilan selanjutnya.

Untuk itu, karyawan perlu difasilitasi mengenai pemahaman masa pensiun secara menyeluruh. Juga diberi pembekalan wawasan agar mampu mengimplementasikan yang dimiliki sesudah berada di luar perusahaan.

Kegiatan ini diharapkan membangun mentalitas baru memasuki masa pensiun, mempersiapkan kesehatan fisik di masa pensiun, membangun keterampilan wirausaha, dan menikmati masa pensiun secara efektif. Pada akhirnya para mantan karyawan, mampu melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya, keluarga, dan masyarakat sekitar.

Salah satu pilihan usaha bagi karyawan yang akan menjalani masa pensiun adalah wirausaha.

Melalui wirausaha, seorang mantan karyawan, baik secara pribadi maupun berkelompok berkemampuan menggali potensi sumberdaya di sekelilingnya, mengelolanya, dan mengubahnya menjadi suatu kegiatan mandiri yang memiliki nilai manfaat tinggi.

Pada akhirnya, mereka mampu meraih sukses mengisi masa purnatugas dengan berbagai kegiatan produktif dan bernilai ekonomis.

Pilihan wirausaha sangat beragam, salah satu alternatifnya bergerak di bidang agribisnis. Potensi usaha agribisnis terbuka lebar mengingat volume besarnya ekonomi pangan nasional. Indonesia dengan potensi daerah dan alam asrinya berpeluang besar membangun perekonomiannya melalui agribisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

29 + = 30