Udang Hias Danau Towuti

udang-hiasSaat melakukan eksplorasi di Danau Towuti seluas 585 kilometer persegi di Sulawesi Selatan, Kristina Zitzler dari Museum of Natural History dari Jerman dan Yoxiong Cai (Biodiversity Center National Parks Board Singapore) tak sengaja menemukan celebes beauty saat meneliti keberadaan udang-udangan itu.

Danau Towuti-bagian dari sistem Danau Malili-sejak 1937 memang menjadi  destinasi bagi banyak ahli udang dunia karena Danau Towuti menyimpan udang hias endemik. Selama 70 tahun dieksplorasi oleh berbagai peneliti, sudah teridentifikasi 10 spesies di danau air tawar terbesar kedua setelah Danau Toba di Sumatera Utara itu.

Sejak ditemukan itu pamor celebes beauty memang meroket. Popularitasnya pelan-pelan menggusur udang hias asal Jepang yang dikenal cantik bagi pehobi aquascaping seperti jenis red crystal. Dengan sosok sangat cantik dengan warna cerah, celebes beauty itu pertama kali diperkenalkan di pameran akbar satwa Interzoo di Jerman pada 2008. Celebes beauty diperkenalkan sebagai satwa aquascaping.

Sejatinya di Danau Towuti tak hanya menetap celebes beauty. Beberapa udang hias baru juga dijumpai seperti white spot bee. Udang hias yang hidup di kedalaman 3-5 m itu bercorak cokelat kemerahan dan bertotol-totol putih. Jenis lainnya adalah sunkis shrimp Caridina cf propinqua. Seperti namanya, jenis tersebut berwarna jingga seperti jeruk sunkist. Sejatinya tubuh udang yang hidup berkelompok itu transparan, dan terdapat corak kuning pekat di punggung. Udang unik lain adalah rednose Caridina gracilirostris yang bertubuh ramping di bagian kepala yang kemerahan.

Sebagian besar udang-udang hias asal Sulawesi memang terbukti bercorak indah. Contohnya redorchid bee. Sekilas sosoknya mirip whitespot bee. Yang membedakan, corak putih whitespot bee berupa titik-titik, sedangkan redorchid bee kombinasi garis dan titik. Perbedaan lain, kaki depan whitespot putih dan redorchid belang-belang merah dan putih. Nah berikutnya masih ada jenis halfback bee. Jenis yang mirip six banded bee itu memiliki karapas punggung putih mulus dari ujung kepala sampai ekor. Pada six banded bee, corak putih tampak seperti 6 garis lurus horizontal. Itulah udang-udang hias menawan yang tinggal di Danau Towuti.

2 Responses to Udang Hias Danau Towuti

  1. Good

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

82 + = 89