Uniknya Nangka Bola

nangka-bolaSosok nangka dari Taman Buah Mekarsari di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu unik: berbentuk bola. Sosok unik Artocarpus heteropyllus itu yang membikin Karen asal Cilandak, Jakarta Selatan terpincut saat nangka tersebut dipamerkan pada Fruit Festival 2016 di parkir timur Senayan, Jakarta Pusat. “Sekali makan bisa habis nangka ini,” katanya sambil memegang buah itu.

Nangka bola memang cocok sebagai buah meja. Bobotnya ringan sekitar 1-3 kg serta memiliki citarasa daging buah manis. Yang menarik lagi, nangka bola hanya mengandung sedikit getah. Itu sebabnya bila dikupas, Anda tidak perlu mengoleskan telapak tangan memakai minyak agar getah nangka tak menempel.

Nangka bola juga cocok sebagai tabulampot. Itu pula yang akan dilakukan Karen. “Saya akan membeli bibitnya di Taman Buah Mekarsari,” ujar perempuan 43 tahun itu. Apalagi budidaya nangka bola sama persis seperti nangka-nangka umumnya, tidak ada perlakuan khusus. Dengan bobot buah tergolong ringan, sebuah tabulampot nangka bola bisa dipelihara 2-3 buah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 3