Unsur Hara Dan Buah Rontok

jerukDarman di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah seringkali mendapati pentil buah pohon jeruk pamelo yang ditanam di belakang rumah rontok. Pun Sriyanti di Bogor yang merawat 2 pohon jambu batu kristal. “Pentil buah yang rontok cukup banyak,” ujar perempuan 35 tahun itu. Apa sebab?

Sejatinya pohon¬†yang memiliki pentil buah “rakus” menyerap unsur hara. Sebab itu bila persediaan unsur hara di media tanam sedikit, tanaman bakal kesulitan menjaga pentil buah berkembang menjadi buah. Bahkan unsur hara yang sedikit itu memicu tanaman lambat menghasilkan tunas baru. Bila muncul pun, tunas baru lambat membesar.

Sebaliknya, bila unsur hara mencukupi, pentil buah leluasa berkembang. Demikian pula tunas baru. Bila pemupukan dilakukan secara benar, yakni dosis tepat, komposisi tepat, dan frekuensi pemberian sering, maka tunas baru akan tumbuh pesat. Patokannya sehelai tunas akan muncul saban pekan. Sinar matahari yang cukup juga mendorong tajuk pohon lekas rimbun. Kondisi itu merangsang pembungaan hingga menjadi pentil buah di ujung ranting.

Kantong-Tanam-Tabulampot-BannerSaat musim hujan, kadar air di tanah biasanya melonjak sehingga konsentrasi unsur hara di tanah menjadi rendah. Akar akan lebih banyak menyerap air sehingga tanaman akan berhenti menghasilkan bunga. Solusi mengatasinya: tutup permukaan media memakai plastik. Plastik membuat kadar air media tidak bertambah. Cara tersebut dapat mempertahankan konsentrasi unsur hara.

Pada musim hujan proses fotosintesis tanaman berjalan lambat. Akar tanaman tidak banyak memiliki energi untuk menyedot unsur hara. Energi yang dimiliki pun terbatas untuk memasok unsur ringan, seperti air dan nitrogen, sedangkan unsur hara lain sulit terangkut.

Pakar fisiologi tanaman, Ir Yos Sutiyoso di Jakarta menyebutkan kondisi itu memicu ketimpangan penyerapan unsur hara.  Kondisi itu alih-alih membuat tanaman tak kunjung berbunga dan berbuah. Cara mengatasinya, berikan pupuk daun yang akan masuk melalui stomata untuk memasok kekurangan unsur hara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − = 29