Vitamin B1 Atasi Tabulampot Stres

tabulampot1Santi, pehobi tanaman buah dalam pot atau tabulampot memiliki ritual baru sejak 2012. Saat pehobi tabulampot mangga, lengkeng, dan jambu itu melakukan repotting atau mengganti media tanam tabulampotnya, sepekan sebelumnya ia akan menyiramkan larutan vitamin B1.

“Penyiraman berselang 2 hari sehingga satu minggu tabulampot yang siap repotting disiram 3 kali larutan vitamin B1,” ujar ibu dua anak itu. Penyiraman dilakukan pada pagi hari.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu membuat larutan vitamin B1 dengan cara menggerus 2 tablet vitamin B1 (50 mg) lalu mencampurkannya dengan seliter air. “Campuran itu dikocok menjadi larutan homogen. Supaya cepat larut saya menggunakan air hangat,” ujar Santi.

vitamin-b1Resep menyiram larutan vitamin B1 itu diperoleh Santi dari seorang penangkar buah di Kabupaten Malang, Jawa Timur, saat ia berkunjung ke sana. “Ternyata tidak sulit, apalagi setiap 1-1,5 tahun sekali saya memang melakukan repotting,” ujar ibu rumahtangga itu. Sebelumnya sehabis repotting tabulampotnya layu karena stres. Untuk “menyehatkan” kembali Santi perlu waktu hingga 2 minggu.

Santi menuturkan setelah mengaplikasi larutan vitamin B1 itu tabulampotnya tetap segar dan hanya sedikit daun rontok pascarepotting. “Vitamin B1 terbukti mencegah stres saat media tanam diganti dan akar dipangkas,” ujarnya.

Vitamin B1 yang mengandung tiamina itu juga dapat mencegah stres bibit tanaman atau tanaman dewasa yang akan dikirim jarak jauh. Caranya mudah, sebelum bibit  atau tanaman dewasa dikirim atau dikemas, semprotkan sekujur tubuh tanaman tipis-tipis dengan larutan vitamin B1 memakai dosis yang disebutkan di atas, terutama di bagian akar. Tanaman pun akan tetap segar sesudah tiba di lokasi lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

71 − 66 =