Vitamin D Cegah Rapuh Tulang

Kabar baik bagi penderita osteoporosis alias rapuh tulang datang dari Swiss. Konsumsi vitamin D dosis tinggi, sekitar 800 iu/hari, dapat membuat tulang lebih kuat dan kokoh.

Riset Bischoff Ferrari dan rekan dari Pusat Lanjut Usia dan Mobilitas di Universitas Zurich memperlihatkan risiko rapuh tulang, terutama pada tulang pinggul terus meningkat ketika menginjak usia 65 tahun.

Peningkatan risiko itu terjadi secara alami seiring berkurangnya kemampuan tulang menyerap kalsium dan fosfat. Kedua unsur itu yang menjaga kekuatan tulang di tubuh. Tulang sulit menyerap kedua unsur itu dapat disehatkan kembali dengan asupan vitamin D. Tubuh sebenarnya bisa memproduksi vitamin D, tapi seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit tubuh mengubah sinar matahari menjadi vitamin D juga menurun.

Riset Bischoff yang dipublikasi di New England Journal of Medicine, memperlihatkan lebih dari 30.000 lansia (lanjut usia) yang diuji, seluruhnya mengalami penurunan produksi vitamin D di tubuh secara alami. Namun, setelah mendapat asupan rutin vitamin D, 30% responden menunjukkan peningkatan kekuatan tulang dibandingkan responden yang tidak diberikan asupan vitamin D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + = 24