Walet 11: Pilihan Lokasi

Pilihan lokasi rumah walet yang tepat penting karena berpengaruh terhadap produksi sarang walet. Besar tidaknya volume produksi sarang walet tersebut bergantung dari ketersediaan pakan di lokasi rumah walet.

Pada musim kemarau walet membutuhkan waktu hingga 3 bulan untuk membuat sarang, tapi di musim hujan lantaran serangga lebih banyak, sebuah sarang walet bisa dihasilkan selama 45 hari.

Mendirikan rumah walet di daerah sentra cukup berisiko bila makrohabitat pendukung tersedianya serangga dalam radius 20 km tidak ada atau rusak. Radius jarak itu mempertimbangkan daya jelajah walet dalam mencari pakan.

Cara termudah mendeteksi suatu daerah cocok menjadi lokasi rumah walet adalah melihat produksi dalam setahun. Bila produksi sarang berkisar 2 ton/tahun, pertanda lokasi tersebut sudah padat. Dengan produksi 2 ton/tahun berarti diproduksi 250.000 keping sarang walet. Dengan asumsi sekeping sarang walet dibuat oleh 2 walet, maka untuk volume 2 ton/tahun perlu 125.000 walet dewasa.

Bagaimana ketersediaan pakan? Andai mengambil asumsi rata-rata jumlah pakan 3-5% dari bobot tubuh, sekitar 80-100 gram/ekor, perlu minimal (80 gram X 3%) X 125.000 walet = 9,7-juta serangga setiap hari. Dalam setahun makrohabitat walet setidaknya perlu menyediakan 9,7-juta x 365 hari = 3,5-miliar serangga. Jumlah luarbiasa!

2 Responses to Walet 11: Pilihan Lokasi

  1. Semoga cepat mendapatkan sarang walet yang melimpah. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 2 = 4