Walet 5: Teknik Cuci Sarang Walet

Mencuci sarang walet dapat meningkatkan mutu dan kualitas sarang walet. Di Hongkong, sarang walet dicuci dengan cara sebagai berikut.

1. Sarang walet yang masih mengandung bulu direndam dalam air semalaman. Air rendaman dibuang.

2. Minyak goreng ditambahkan ke dalam sarang lalu diaduk dan diputar secara mekanik selama kira-kira 15 menit. Dengan begitu untaian sarang terpisah dari bulu-bulu dan hancuran lain. Sarang terpisah menjadi bagian-bagian kecil. Tambahkan air dalam jumlah banyak.

3. Bulu-bulu yang menyatu dengan minyak mengambang di permukaan, segera pisahkan lalu dibuang. Sisa berupa sarang dikumpulkan setelah air dibuang Sarang yang telah terkumpul dibentuk dan dikeringkan dalam oven.

Sarang burung walet yang sudah dibersihkan akan terlihat lebih bersih dan mengalami penyusutan dari bobot asal. Penyusutan bobot pada sarang walet Collocalia fuciphaga sekitar 4-5%, dan 60% untuk C. maxima.

4. Penyusutan bobot pada sarang walet terjadi karena sarang terbagi-bagi menjadi sarang burung walet utuh, bulu atau kotoran dan remahan. Remahan adalah sarang hancuran yang terlepas dari bentuk utuh sarang selama proses pencucian.

Sarang remahan itu biasanya dicetak ulang. Terdapat 4 model cetakan sarang: bentuk daun, segi empat, bundar, dan model bola. Sarang remahan berkualitas rendah sehingga dipasarkan ke toko-toko tradisional untuk campuran jamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 5