Walet 6: Jenis-jenis Walet

Walet yang selama ini dikenal adalah Collocalia fuciphaga yang mempunyai sarang putih. Collocalia fuciphaga ditemukan di China Selatan dan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Sumatra dan Kalimantan walet dijumpai hidup hingga di ketinggian 2.800 meter di atas permukaan laut (m dpl). Namun, di Jawa dan Bali, walet dijumpai hidup dekat pantai di gua-gua gelap yang dalam.

Walet memiliki ciri sebagai berikut.

1. Berukuran panjang 12 sentimeter, dadanya hitam kecokelatan dengan warna punggung lebih kelabu.

2. Ekor walet bercabang, paruh dan kakinya hitam.

3. Collocalia fuciphaga dan Collocalia maxima (walet sapi) tidak dapat dibedakan dari Collocalia esculenta kecuali dari sarang. Collocalia maxima membuat sarang dengan air liur seperti fuciphaga, tapi sarangnya bercampur bulu burung sehingga berharga lebih rendah. Namun demikian, karena keduanya membuat sarang dengan air liur dan sarangnya sedikit berbeda, peternak memanggil walet untuk Collocalia fuciphaga dan Collocalia maxima. 

Sarang Collocalia esculenta yang sohor sebagai sriti sangat berbeda dibandingkan sarang walet karena sarangnya terbuat dari daun, bulu burung, serta hanya sedikit air liur. Itu sebabnya harga sarang sriti murah ketimbang sarang walet.

2 Responses to Walet 6: Jenis-jenis Walet

  1. thanks gan infonya izin share.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 5 = 5