Warung Nasihat FAO di Indo Livestock 2014

indo-2Salah satu stan yang menarik dikunjungi di pameran Indo Livestock 2014 di Jakarta Convention Center (JCC) adalah Warung Nasihat yang dikelola oleh Badan Pertanian Dunia FAO.

Warung  itu menyediakan makanan gratis dengan menu nasi plus garang asam ayam. Sambil menikmati makanan, setiap pengunjung terutama peternak unggas akan didampingi staf FAO yang akan menerangkan pentingnya keamanan dalam industri perunggasan di tanahair.

Menurut Alfred Kompudu, staf NTA Local Goverment Commercial Poultry Training FAO, Warung Nasihat memang berusaha mengedukasi peternak agar sadar pentingnya keamanan dalam beternak unggas melalui biosekuriti dan vaksinasi, terutama sejak Avian Influenza (AI) merebak di dunia. “Kami berharap Indonesia sudah bebas AI pada 2020,” katanya. Program edukasi dalam tajuk Emergency Avian Influenza Program itu sudah berjalan di Solo, Jawa Tengah dan akan terus diperluas di seluruh tanahair.

Salah satu program yang didorong adalah vaksinasi 3+2, 3 kali vaksin sebelum ayam memasuki masa produksi dan dan 2 kali saat ayam tengah memasuki masa produksi. Vaksinasi itu diharapkan dapat membuat unggas bebas AI. Vaksin lain adalah melindungi ayam dari clade 2.1.3 dan 2.3.2. “Vaksin yang kita kembangkan bersama perusahaan obat lokal memakai bahan lokal, bukan impor untuk menghindari resistensi dan menjamin vaksin bisa efektif,” ujar Alfred.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

51 − 42 =