Waspada Diabetes Sebabkan Gagal Ginjal

diabetesPenderita diabetes mellitus alias kencing manis atau kencing gula seyogyanya perlu mewaspadai penyakit gagal ginjal yang menjadi pembunuh nomor 9 di dunia.

Itulah yang dialami Lelono di Sleman Yogtyakarta. Gara-gara mengidap kencing manis selama 5 tahun terakhir, ginjalnya bermasalah. “Saya sampai harus cuci darah (hemodialisis) setiap minggu,” ujar pria 2 cucu itu. Hal itu terjadi lantaran Lelono tidak segera mengobati penyakit kencing gulanya.

Pasien kencing manis memang kerap menderita gagal ginjal, bahkan beberapa riset memperlihatkan bila kencing manis merupakan penyebab utama penyakit gagal ginjal. Kerusakan ginjal dapat menyebabkan fungsi ekskresi, filtrasi, dan hormonal terganggu.

Dampak dari kerusakan itu menyebabkan gangguan saat pengeluaran zat-zat racun lewat urine. Zat beracun justru tertimbun dalam tubuh yang bila didiamkan dapat memperbesar risiko kematian. Ginjal juga memproduksi hormon eritropoetin yang berfungsi memproduksi sel darah merah sehingga otomatis kerusakan ginjal menurunkan produksi hormon tersebut sehingga menyebabkan penyakit anemia.

banner-bawang-dayakPada penderita diabetes mellitus, gagal ginjal merupakan komplikasi kerusakan pembuluh darah halus kecil akibat tingginya kadar gula darah. Kerusakan itu membuat struktur ginjal berubah. Fungsi glomerolus pada ginjal terganggu sehingga protein (albumin) dapat lolos begitu saja saat berkemih. Kerusakan ginjal juga dapat menyebabkan penyakit lain hadir seperti stroke dan jantung hingga kebutaan dan impotensi pada pria.

Penyakit gagal ginjal lantaran diabetes dapat dicegah bila segera melakukan pemeriksaan ke dokter atau rumahsakit dengan mengukur kadar albumin. Harap mafhum penderita kencing manis akan membuang albumin hingga 25-30 mg dalam sehari semalam karena berkemih. Jumlah itu lebih besar pada penderita kencing manis akut. Penanganan secara medis memang mutlak dilakukan dengan kisaran waktu kesembuhan antara 4-10 tahun tergantung tingkat kerusakan pada ginjal. Sayangi ginjal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

67 − 60 =