Waspada Kanker Usus Besar

Kanker usus besar merupakan tumor ganas yang ditemukan di kolon atau rektum. Kolon dan rektum merupakan bagian dari saluran pencernaan atau saluran gastrointestinal yang berfungsi sebagai saluran pembuangan beragam zat tak berguna hasil metabolisme tubuh.

Lebih dari 95% kanker usus besar tumbuh dari sel glandula yang terdapat di lapisan dinding kolon dan rektum akibat kurangnya konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran.

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan kanker usus besar telah menjadi pembunuh nomor 4 dari semua kanker yang ada dengan resiko kematian bagi penderitanya terbanyak nomor 2 di antara kanker lainnya. WHO menyebutkan setiap tahun muncul 945.000 kasus kanker usus besar di seluruh dunia dengan jumlah kematian mencapai 50% pada tahun yang sama.

Pada banyak kasus, kanker usus besar berkembang perlahan-lahan selama bertahun-tahun. Perkembangan dimulai dari polip nonkarsinomatous sebelum berangsur-angsur menjadi kanker usus besar murni. Lantas bagaimana mendeteksi kanker usus besar?

Lakukan pemeriksaan kanker usus besar pada wanita dan pria menginjak usia 50 tahun. Pemeriksaan di usia lebih muda dimungkinkan apabila ditemukan terdapat riwayat penderita kanker usus besar di keluarga. Segera konsultasikan kepada dokter ahli apabila ditemukan kelainan-kelainan saat buang air besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

63 − 56 =