Wisata Anggur di Yamanashi

anggur-jepang2Datanglah ke Provinsi Yamanashi lalu nikmati pemandangan indah berupa hamparan kebun-kebun anggur. Yamanashi memang sejak lama menjadi gudang anggur dan wine di negeri Matahari Terbit itu. Produksi anggurnya mencapai 100.000 ton per tahun. Salah satu sentra anggur di Yamanashi berada di wilayah lembah Katsunuma yang hingga saat ini populer sebagai kota anggur. Anggur dari wilayah itu sudah melanglang buana ke belahan dunia lain, bahkan produksi winenya mampu bersaing dengan wine-wine terbaik dari negeri leluhur wine, Perancis.

Sejarah anggur di Yamanashi sudah berlangsung sejak 1.400 tahun. Bermula dari mimpi seorang pendeta Budha yang bertemu dewa pengobatan Yakushinyorai yang tengah memegang buah anggur. Sejak pertemuan di mimpi itu sang pendeta lantas menganjurkan warga Yamanashi menanam anggur sebagai obat. Seiring perjalanan waktu, jenis-jenis anggur yang dibudidayakan semakin beragam, mencapai puluhan jenis. Varietas yang ditanam saat ini seperti neomasu, kyoho, dan delaware. Panen anggur-anggur itu berlangsung selama pertengahan April hingga November.

anggur-jepang1Soal jenis, perkembangan anggur di Yamanashi tak lepas dari peran Amemiya Kangeyu, petani anggur setempat. Amemiya yang pada 800 tahun lalu melakukan domestikasi anggur impor sehingga lahir salah satu jenis anggur terbaik di Yamanashi yakni anggur koushuu. Nah wine dari anggur koushoo itu yang selalu dipromosikan sebagai wine terbaik. Jadi jangan salah saat berjalan-jalan di Yamanashi banyak kedai dan toko menyediakan wine ini. Rasanya? wow menyegarkan. Bahkan tak jarang wine ini menjadi teman minum saat menyantap sushi. Wisatawan yang datang ke Yamanashi sudah seharusnya mengunjungi lembah anggur Katsunuma atau Katsunuma Budou no Oka sebagai salah satu destinasi. Di sanalah tersimpan sekitar 180 jenis anggur terbaik di Yamanashi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

59 − = 54