5 Rahasia Asik Mentimun

0
16
mentimun

Mentimun Cucumis sativus ternyata tidak sekedar penghias nasi goreng atau nasi kuning semata. Sayuran yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, dan asam folat itu memiliki kegunaan lain di luar fungsi sebagai sayuran.

Itu dibuktikan oleh Fairul di Bandung, Jawa Barat, terutama saat musim hujan. Penggemar mobil kuno itu sering bermasalah dengan embun di kaca mobil saat berkendara ketika hujan. Harap mafhum, mobil Fiat milik Fairul tidak dilengkapi air conditioner (AC).

“Jadi selalu bekal lap untuk menghilangkan embun di kaca,” kata ayah satu anak itu. Namun lap itu kini cukup dipakai untuk mengusap badan mobil setelah Fairul memakai mentimun. Mentimun? Ya! Fairul mengiris mentimun lalu mengusapnya ke sekujur kaca dan kaca pun bebas embun.

Pemanfaatan mentimun untuk menghilangkan embun dapat diaplikasi di kamar mandi saat mandi air panas, misalnya. “Kalau mandi air panas, pasti kaca cermin berembun, tapi itu bisa hilang dengan mengosokkan kaca memakai irisan mentimun,” ujar Fairul yang mendapat rahasia khasiat mentimun dari rekannya di Kanada. Berikut 5 Rahasia Asik Mentimun seperti dikutip dari learnist.

1. Irisan mentimun dapat menghilangkan embun kaca mobil dan cermin.

2. Peran braso, pengkilap stainless steel dapat digantikan irisan mentimun dengan hasil kinclong.

3. Menggosokkan irisan mentimun pada sepatu kulit membuat mengkilap.

4. Irisan mentimun dapat berfungsi sebagai pelumas engsel pintu berderit.

5. Kulit luar mentimun dapat berfungsi sebagai penghapus spidol dan krayon di dinding.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here