Akuaponik Solusi Budidaya Di Kota

Akuaponik atau aquaponic merupakan teknologi budidaya terpadu antara budidaya ikan dan tanaman. Teknologi tersebut merupakan teknologi terapan hemat lahan dan air pada budidaya ikan sehingga dapat menjadi model perikanan di perkotaan yang terkendala lahan sempit.

Seabrek keuntungan dari aplikasi akuaponik, misalnya, biaya produksi rendah, produksi serta laba tinggi (bergantung pilihan komoditas), mampu mengeliminir pencemaran lingkungan, dan hemat lahan serta air.

Akuaponik terbukti andal diterapkan di berbagai lokasi berbeda secara topografis seperti di dataran tinggi, menengah, dan rendah. Riset Badan Riset Budidaya Air Tawar di Sukabumi, Jawa Barat, membuktikan akuaponik dapat diterapkan dengan mengkombinasikan budidaya tanaman bersama ikan nila Oreochromis niloticus, mas Cyprinus carpio, dan lele Clarias sp.

Dengan kombinasi tanaman dan ikan bernilai ekonomis tinggi di pasar, teknologi akuaponik sangat menjanjikan untuk dikembangkan di daerah perkotaan dengan keterbatasan lahan seperti di Jabodetabek, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 3 =