Asam Urat? Minum Rebusan Daun Bambu

41
91
daun bambu

Kesukaan menyantap jeroan ayam sulit dibendung Haris. Saban Ahad, karyawan swasta di Jakarta Barat itu melahap hingga 10 jeroan. Sayang, 2-3 jam berikutnya, Haris bakal menderita. Kedua telapak kaki bak tertusuk jarum. Belum lagi persendian tulang linu hingga nyeri. Rasa sakit itu bertahan hingga 2-3 hari.

“Saya memiliki asam urat,” ujar Haris yang yakin sakit itu datang lantaran asam urat dalam darah melebihi batas normal, yakni 4,1-6,1 mg/dl. “Saya periksa darah dan hasilnya kadar asam urat 7,5 mg/dl,” ujar ayah 3 anak itu.

dr Suharti K Suherman SpFK dari Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menuturkan asam urat merupakan hasil akhir metabolisme purin. Senyawa itu banyak terdapat pada sejumlah makanan seperti jeroan, emping, dan sarden. Asam urat sebetulnya diperlukan tubuh untuk membentuk inti sel. Namun, tubuh perlu sedikit. Sisanya, dikeluarkan melalui usus besar (30%) dan ginjal (70%).

Sejatinya, tingginya kadar asam urat disebabkan sintesis asam urat berlebih, sedangkan ekskresi di ginjal sedikit. Asam urat berlebih itu berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada jaringan lunak persendian dan terbentuk endapan yang disebut topus. Dampaknya, terjadi peradangan alias arthritis gout akut dengan penanda rasa nyeri di sendi lutut, jari tangan, jari kaki, dan pergelangan tangan.

Saat ini penderita asam urat tak melulu lansia, tapi cenderung juga diderita kelompok usia produktif antara 30-50 tahun. Prevalensi asam urat di Amerika Serikat dilaporkan meningkat dua kali lipat. Prevalensi penderita asam urat tertinggi di Indonesia terdapat di pesisir. Paling tinggi di Manado (Sulawesi Utara) sebesar 29,2 % pada 2003. Hal itu terjadi lantaran pola makan dan konsumsi alkohol. Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang sehingga ia bertahan dalam darah.

Agar terbebas dari asam urat, pasien dianjurkan mengonsumsi obat pereda sakit, antibengkak, dan penurun kadar asam urat darah. Obat itu berbahan aktif kolkisin, indometasin, fenilbutason, dan kortikosteroid. Pengobatan asam urat ditempuh dengan 2 cara: mencegah pembentukan atau mempercepat ekskresi asam urat. Obat pencegah asam urat dari golongan alopurinol. Sedangkan golongan probenesid, sulfonipirazon, azapropazon, dan benebronaron mempercepat ekskresi asam urat.

Haris lebih memilih obat tradisional setelah disarankan kerabat untuk minum rebusan daun bambu. Kerabatnya terbiasa meminum tablet ekstrak daun bambu dari Zhejiang, Tiongkok. Haris merebus segenggam daun bambu dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu air rebusan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas. “Hanya 3 hari konsumsi, asam urat normal, bahkan sesudah makan jeroan, sakit asam urat juga sedikit,” ujarnya.

Menurut Sinse Mochammad Yusuf, ahli pengobatan Tiongkok di Sukabumi, Jawa Barat, daun bambu yang bagus dipakai adalah daun muda. Daun bambu itu dijemur kering agar getah hilang. “Sebelum direbus, gesekan antardaun untuk membuang bulu halus yang gatal,” kata Yusuf. Berikutnya, rebus segenggam daun bambu dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas dan diminum 2 kali.

Yusuf menuturkan daun bambu berefek diuretik sehingga mempercepat ekskresi asam urat dari ginjal. Kadar asam urat juga turun lantaran daun bambu kaya flavon. Selain sumber antioksidan, flavon juga berperan menghambat oksidasi xantin menjadi asam urat.

41 COMMENTS

  1. Salam sejahtera…
    Pertama jujur saya kaget dan salut atas penemuan daun bambu yang ternyata mampu menyembuhkan asam urat. Tapi yang mengganjal hati saya adalah jenis bambu apa yang dimaksudkan pengobatan ini? Karena yang sering saya lihat adalah bambu dengan warna batang hijau dan foto di atas adalah berwarna agak kuning. Mohon dijelaskan lebih detail karena artikel ini membangkitkan semangatku untuk menyembuhkan suami saya tercinta. Terima kasih.

    • Salam sejahtera ibu. Semua jenis daun bambu bisa dipakai sebagai obat asam urat. Di tanahair setidaknya terdapat 5 jenis bambu yang mudah dijumpai seperti bambu petung Dendrocalamus asper, ampel kuning Bambusa vulgaris, apus Gigantochloa apus, aya G. aya, taluh G. taluh, dan tabah G. nigro ciliate. Riset yang dilakukan terhadap kelima jenis bambu itu memperlihatkan senyawa seperti fenol dan tanin dari kelima jenis bambu itu misalnya tidak jauh berbeda. Contoh tanin, rata-rata di atas 70%. Pada yang dipakai pada artikel ini merupakan salah satu jenis bambu di Tiongkok yang sudah terstandarisasi dari bahan baku hingga ke pengolahan menjadi teh. Salam bebeja.

  2. Terimakasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali. Apakah boleh ditambahkan madu sebagai pemanis saat meminum air rebusan daun bambu?

    • Madu dapat digunakan sebagai pemanis untuk menghilangkan misalnya rasa pahit dan getir. Salam bebeja

    • Terimakasih semoga informasi kami tentang daun bambu bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Salam bebeja

  3. Berita yang sangat membantu pasien kurang mampu. Berapa lama mesti dijemur? Apakah tidak berpengaruh kalau terlalu kering atau kurang kering?

    • Penjemuran merupakan teknik pengawetan dengan mengurangi kadar air agar daun tidak bercendawan. Senyawa aktif di dalamnya tidak terpengaruh. Pengeringan cukup dilakukan sehari dengan panas matahari konstan selama 6-7 jam. Salam bebeja

  4. Info yang sangat membantu. Ini baru daun mudanya. Bagaimana dengan rebungnya, apakah khasiatnya sama?

  5. Apa untuk menurunkan kadar kolesterol juga bisa? Atau apa obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol? Thanks.

    • Untuk menurunkan kadar kolesterol herbal yang sudah teruji memakai daun alpukat. Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara merebus daunnya. Kami menyediakan kapsul daun alpukat. Silakan hubungi Customer Support kami di 081382175429 (sms dan WA).Salam bebeja

  6. Apakah boleh merebus daun bambu yang baru dipetik dan masih berwarna hijau tanpa harus menjemurnya dahulu?

    • Anda dapat merebus daun segar langsung. Penjemuran dilakukan bila daun akan disimpan dalam jangka waktu tertentu. Penjemuran bertujuan mengurangi kadar air sehingga meminimalisir timbulnya cendawan yang merugikan. Salam bebeja

    • Banyak faktor yang menyebabkan ejakulasi dini seperti psikis, fisik, dan penyakit gula atau diabetes mellitus (DM). Bila disebabkan faktor ketiga, dapat memakai kapsul bawang dayak. Salam bebeja.

    • Kesemutan atau paresthesia terjadi karena terdapat gangguan pada saraf tepi (perifer) di tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Pemicu gangguan tersebut antara lain gangguan aliran darah akibat tekanan, gangguan metabolisme pada penderita diabetes, dan kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan demyelinisasi atau gangguan di selaput (myelin). Sejauh ini daun bambu belum diketahui efeknya untuk mengatasi kesemutan. Salam bebeja.

  7. Terima kasih ilmunya. Saya baru mencoba hari pertama menggunakan daun bambu seperti difoto. Untuk hari kedua saya mu mencoba dari daun bambu kuning. Rasa airnya ada aroma bacang. Semoga setelah tiga hari nanti ada perubahan pada telapak kaki saya. Amin.

    • Kami sarankan menggunakan daun bambu dari satu jenis terlebih dahulu selama sepekan konsumsi. Semoga cepat sehat. Salam bebeja.

  8. Terimakasih banyak atas informasinya akan segera saya coba untuk asam urat yang diderita ibu saya.

    • Senyawa kimia penting pada daun bambu dapat keluar dengan ekstraksi dan perebusan, tidak dengan penumbukkan. Salam bebeja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here