Bebeja Horti Asia 2017 (2): Melon Golden Emerald

Simak sejumlah keunggulan melon golden emerald RZ: warna kuning keemasan, berdaging kuning hijau, adaptif, tahan penyakit akibat cendawan, serta renyah dengan tingkat kemanisan 16-17 derajat brix. Sangat manis. Tingkat kemanisannya mirip melon golden langkawi yang sudah dikebunkan di tanahair.

Melon inthanon, sebutan lain melon golden emerald tersebut tengah dikembangkan di Thailand, terutama di Inthanon, Chiang Mai. Jenis melon baru yang rata-rata mencapai bobot 1,7 kg itu dirilis oleh Rijk Zwaan, salah satu produsen benih sayuran terbesar dunia asal Belanda dengan Thailand sebagai lokasi pertama pengembangannya.

Menurut Wassana Sukping dari Wassana Farm di Bangkok, Thailand, melon inthanon didorong untuk dapat diterima oleh pasar lokal di Thailand. “Melon di sini identik dengan warna kulit hijau,” ujar Wassana, pekebun melon terbaik di negeri Gajah Putih itu.

Melon yang ditampilkan pada Horti Asia 2017 di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC) itu sudah menjalani uji lapangan sejak 2013 di berbagai negara di Asia Tenggara. Hasilnya? Memuaskan. Melon golden emerald cukup kuat menghadapi serangan cendawan serta tetap mampu menghasilkan ukuran buah besar pada musim kemarau. “Kulit buahnya juga kuat sehingga tidak mudah pecah,” tutur Wassana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1