Enyahkan Kecoak Ala Pelajar SD Thailand

20
28
kecoak rumah

Dapat melakukan inovasi sedari kecil memang luarbiasa. Apalagi bila inovasi itu sangat aplikatif dan berguna buat banyak orang. Itu dilakukan oleh Jenjira Ponyong dan 6 rekan, siswa sekolah dasar (SD) Pracha-Anukro di Provinsi Kalasin, bagian timur Thailand seperti dikutip thaivisa (14/10/14).

Mereka menciptakan inovasi unik, yakni solusi cerdas membunuh kecoak yang banyak berkeliaran di rumah. Caranya sederhana dan bebas pestisida. Pertama mereka menyiapkan ramuan yang terdiri atas 3 bahan utama, yakni tepung beras, susu bubuk ovaltine, dan bubuk semen. Ketiganya dicampur menjadi satu dengan perbandingan 1:2:1. Langkah kedua, menaruh ramuan itu pada nampan kecil di lokasi kecoak biasa lalu-lalang.

Bahan-bahan itu masing-masing memiliki peran. Susu bubuk ovaltine bersifat sebagai atraktan alias pemikat sehingga kecoak datang. Berikutnya tepung beras yang akan dimakan kecoak, membuat anggota famili Blattaria itu kenyang sekaligus kehausan. Ujung dari semua itu adalah bubuk semen. Begitu sang kecoak kehausan ia akan meminum air dan huppp…bubuk semen di tubuh kecoak saat terkena air akan mengeras. Tak sampai 2 menit kecoak bakal terkapar mati.

20 COMMENTS

  1. susu sama tepung berasnya itu jadi memikat semut ga ya? takutnya kecoak mati tapi semutnya banyak.

    • Pada percobaan itu memakai susu bubuk ovaltine. Kami tidak mengetahui efek dari penggantian susu tersebut. Anda dapat mencobanya bereksperimen untuk hal tersebut. Salam bebeja

  2. Wah hebat, anak SD yang cerdas. Ditunggu info lainnya untuk membasmi cicak,semut, dan tikus yang juga sangat mengganggu. Terimakasih bebeja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here