Khasiat Ginseng Merah Korea

ginseng-korea2

Sejak lama ginseng dikenal mujarab sebagai obat serta suplemen untuk mengatasi berbagai penyakit di Tiongkok, Jepang, dan Korea.

Beragam riset dan uji klinis (pada manusia) memperlihatkan Panax ginseng bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit gula, memperbaiki kinerja paru-paru, hingga mengatasi beragam keluhan perempuan menopouse. Khasiat tersebut berkat senyawa bioaktif ginsenoside.

Prof Dr Si Kwan Kim (Konkuk University) pada Seminar Ginseng Korea di Jakarta yang disponsori oleh Pemerintah Korea Selatan melalui Korea Agro-Fisheries & Food Trade Coorporation, Korea Ginseng Corp, dan Kedutaan Besar Korea Selatan, menjelaskan bila senyawa aktif ginsenoside pada ginseng berperan seperti steroid yang merangsang aktivitas imunitas tubuh. Senyawa lain pada ginseng adalah panaxidol, panaxinol, alkaloid, saponin, dan asam glucuronic. Yang disebut terakhir berperan pada proses detoksifikasi tubuh.

Korea Selatan merupakan salah satu negara penghasil ginseng dunia yang ginsengnya memiliki kekhasan, terutama kandungan senyawa penting. Oleh sebab itu, untuk membedakan dengan ginseng lain asal Tiongkok dan Amerika Serikat, ginseng dari Korea diberi panggilan sebagai red ginseng atau ginseng merah.

Menurut Lee Young Joo PhD dari Sejong University, ginseng merah mengandung senyawa ginsenoside lebih banyak. Jumlahnya 2 kali lipat. Kondisi itu membuat khasiat ginseng korea lebih moncer untuk menyembuhkan aneka penyakit dengan dosis sama.

Meskipun ginseng tidak beracun, Prof Dr Si Kwan Kim menuturkan, dosis pemakaian ginseng perlu diawasi. Dosis tepat berkisar 100-400 mg dengan konsumsi setiap hari selama 2-3 minggu. Selanjutnya konsumsi dihentikan selama 1-2 pekan, sebelum diulang kembali prosedurnya. Konsumsi ginseng berlebihan dalam kurun waktu lama dapat menyebabkan insomnia dan hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

43 − 36 =