Indonesia Aquaculture 2014 (2): Ikan Mas Tahan Penyakit

ikan-masIkan mas Cyprinus carpio termasuk salah satu jenis ikan budidaya air tawar yang rentan terinfeksi bakteri Aeromonas hydrophila. Infeksi bakteri itu dapat menyebabkan ikan mas mengalami perdarahan hingga borok yang bila didiamkan berujung kepada kematian.

Sejatinya, bakteri Aeromonas hydrophila lazim dijumpai di perairan air tawar. Bakteri itu bersifat patogen oportunistik serta mampu bertahan hidup pada kondisi lingkungan beroksigen (aerob) maupun tanpa oksigen (anaerob). Selama kondisi ikan mas fit, bakteri sulit menyusup ke tubuh ikan.

Namun pada budidaya ikan mas yang saat ini menggunakan pakan pelet memicu timbulnya timbunan sisa pakan, termasuk kotoran ikan di lingkungan budidaya. Kedua kondisi itu mendorong kadar oksigen terlarut air rendah yang sehingga ikan stres. Di saat seperti itu, bakteri menginfeksi ikan. Serangan bakteri pada ikan mas menyebabkan ikan mati dalam waktu 2 pekan dan hampir bersifat massal.

Salah satu upaya menanggulangi kehadiran bakteri itu dengan menghasilkan strain ikan mas yang memiliki ketahanan terhadap bakteri Aeromonas hydrophila. Pada Indonesia Aquaculture 2014, stan BBPBAT Sukabumi menampilkan ikan mas strain majalaya MHC+ (Major Histocompatibility Complex) yang tahan infeksi bakteri tersebut. Tak hanya itu, ikan mas dari persilangan selektif sesama induk majalaya F1 MHC tersebut tahan penyakit Koi Virus Herpes (KVH) yang menakutkan pembudidaya ikan.

Varietas ikan mas majalaya sesungguhnya ada sejak 1974. Literatur memperlihatkan ikan mas yang memiliki keunggulan cepat tumbuh dan citarasa daging khas itu merupakan seleksi peternak yang menyebar luas. Seiring waktu, lantaran acapkali terjadi perkawinan sedarah, kualitas genetik strain majalaya mengalami penurunan perfoma serta ketahanan terhadap penyakit. Sebab itu, melalui “pemurnian ulang” dikombinasi teknik “penyusupan kekebalan”, lahir ikan mas starin majalaya yang tangguh.

One Response to Indonesia Aquaculture 2014 (2): Ikan Mas Tahan Penyakit

  1. Bisa tetap dicoba memakai akuarium. Salam bebeja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *