Ini Tiga Kaktus Duri Yang Disukai

0
38
kaktus duri

Kaktus berduri disukai pehobi tanaman hias karena berpenampilan unik. Duri pada kaktus sesungguhnya merupakan modifikasi bentuk daun. Modifikasi tersebut merupakan wujud dari adaptasi tanaman itu pada kondisi habitat asli yang kering serta panas.

Fungsi duri kaktus tersebut antara lain mengurangi penguapan, menangkap embun pagi, dan melindungi tanaman dari predator. Kaktus duri juga memiliki batang tebal dan berlapis lilin untuk menyimpan cadangan air. Berkat cadangan air itu, tanaman kaktus duri dapat bertahan hidup lama tanpa perlu menyiramnya.

Di Indonesia terdapat sejumlah jenis kaktus berduri yang dijual seperti mammillaria, ferocactus, dan gymnocalycium. Jenis-jenis kaktus itu diimpor dalam bentuk biji. Biji kaktus tersebut lantas disemai dan dibesarkan. Sosok kaktus berduri asal biji tersebut akan terlihat jelas setelah tanaman disemai setahun. Pada saat itu, diameter kaktus berduri mencapai 5-8 cm.

Kaktus mammillaria memiliki bentuk bulat dengan tubercle yang ditumbuhi duri. Kaktus mammillaria merupakan salah satu genus terbesar keluarga kaktus dengan jumlah anggotamencapai 200 spesies. Beberapa spesies populer antara lain Mammillaria gracilis, M. prolifera, M.elongata, dan M. mammillaris. Mayoritas mammilaria itu berasal dari Meksiko. Nama genus dari kaktus yang berarti putting, mengacu pada tonjolan sebagai ciri khas kaktus genus tersebut.

Ferocactus berpenampilan mirip buah belimbing dengan jumlah rib antara 13-22. Ferocactus merupakan genus kaktus seperti tong besar yang mempunyai duri besar serta kehadiran bunga-bunga kecil.Terdapat sekitar 30 spesies dalam genus ferocactus. Spesies-spesies tersebut dominan ditemukan di Amerika Serikat bagian barat daya serta Meksiko barat laut.

Kaktus gymnocalycium mempunyai rib agak membulat. Genus kaktus yang banyak dijumpai di Amerika Selatan itu, dilaporkan sudah teridentifikasi sekitar 70 spesies. Nama genus yang berarti telanjang karena kuncup bunga tanaman tidak memiliki rambut atau duri itu, memiliki beberapa spesies populer di tanahair seperti Gymnocalycium baldianum, G. mihanovichii, G. eurypleurum, dan G. bruchii.

Kaktus genus mammillaria, ferocactus, dan gymnocalycium, selain bisa dibesarkan langsung, dapat pula ditempelkan dengan batang bawah jenis hylocereus, cereus, sertapereskia. Tujuan penempelan tersebut untuk memacu pertumbuhan tanaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here